Euforia HUT RI ke-71 Mulai Terasa di Tuban

472

kabartuban.com – Euforia peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71 sudah mulai terasa sejak memasuki minggu pertama bulan Agustus tahun 2016 ini. Terbukti pedagang dadakan yang menjual pernak-pernik bendera merah putih tersebar di beberapa jalan yang ada di kawasan Tuban Kota.

Mukhlis salah satu penjual dadakan asal Surabaya mengaku, sudah sejak awal bulan Agustus memanfaatkan momen peringatan HUT RI tahun ini untuk berjualan miniatur bendera merah putih dan pernak-pernik yang berkaitan dengan Kemerdekaan RI.

“Sudah sejak kemarin, awal memasuki bulan Agustus saya mulai berjualan miniatur bendera merah putih, karena memanfaatkan momentum hari Kemerdekaan RI,” kata Mukhlis salah satu pedagang di kawasan Jalan Lukman Hakim Tuban.

Ia menjelaskan, setiap tiga tahun sekali ia datang ke Tuban untuk berjualan pernak pernik bendera karena keuntungan yang didapatkan cukup besar dibandingkan saat berjualan di rumah. Beberapa miniatur bendera merah putih dijualnya dengan harga Rp 10.000 rupiah, sedangkan gantungan dengan kombinasi dihargai Rp 20.000 per buah.

“Kalau penghasilan tidak tentu, pendapatan bisa mencapai Rp 100.000 rupiah per harinya,” ujarnya.

Ditemui secara terpisah Diman penjual bendera merah putih asal Bandung yang ada di Jalan Basuki Rahmad membenarkan hal serupa. Momentum peringatan HUT RI dijadikan mencari peruntungan dengan menjual atribut bendera merah putih.

“Setahun sekali menjual atribut bendera merah putih, berharap memperoleh peruntungan lebih di hari Kemerdekan Indonesia,” terangnya.

Diman mengaku peringatan HUT RI di Tuban cukup meriah. Terbukti  dengan banyaknya penjual atribut serupa yang tersebar di wilayah kota Tuban. Ia menjual berbagai model atribut bendera merah putih mulai dari harga puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

“Kalau harganya sendiri bervariasi mulai dari dua puluh ribu hingga lebih dari seratus ribu,”tutupnya. (ning/har)

/