Exxon Mobil Bersama Kopernik Tuban Gelar Wokshop Tahunan

6

kabartuban.com – ExxonMobil kembali lagi bersama dengan Kopernik dan Ibu-Ibu yang menginspirasi dalam acara tahunan “Program Ibu Inspirasi 2021”, yang tentunya dalam hal ini terdapat visi misi yang menarik yakni “Perempuan pelaku usaha berdaya, membangun Tuban Sejahtera”. Acara ini digelar di Pendopo Kridho Manunggal Kabupaten Tuban, Senin (06/12/2021).

Diikuti oleh 100 Ibu Inspirasi yang berasal dari 55 Desa dan 13 Kecamatan di Kabupaten Tuban. Tak hanya itu, acara tersebut juga dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Budi Wiyana, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan, dan UMKM (Diskoperindag) Agus Wijaya, Sekretaris Dinas Kesehatan Shodikin, Sergina Loncle selaku Direktur Komunikasi dan Inisiatif Strategis Yayasan Kopernik, dan Perwakilan Exxon Mobil Cepu Limited Hasti Asih.

Acara tersebut juga menjadi ajang penghargaan kepada Ibu Inspirasi lain karena selama ini sudah berjuang dengan baik dan penghargaan kepada para peserta terbaik di dalam banyak kategori lainnya.
Budi Wiyana mengungkapkan, program dari Ibu Inspirasi ini diprakasai oleh Kopernik dan mendapatkan support dari ExxonMobil Foundation. Tentunya Pemkab Tuban merasa sangat senang karena program yang diselenggarakan langsung terintegrasi dengan program dariBupati Tuban.

“Sasarannya lebih ke ibu-ibu, kita tau mereka menopang ekonomi keluarga kemudian juga biasanya cepet untuk mengembangkan baik dari kemajuan komunitas di wilayah itu. 2 hal ini mengembangkan produk unggulan dan ini kita apresiasi karena ada sinergisitas dengan program prioritas,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama Kepala Dinas Diskoperindag Tuban , Agus Wijaya mengatakan setiap tahun ada produk dan bentuk yang dihasilkan baik itu berupa makanan, kriya yang tentunya ini akan berdampak pada peningkatan ekonomi khususnya di tingkat keluarga. Ia juga berharap lebih bersinegris lagi di dalam pemasaran.

“Walaupun dari Exxon dan Kopernik sudah ada, tapi kami di tingkat pemasaran lokal khususnya untuk online sudah menciptakan satu bentuk aplikasi “Penglarisku” penglaris untuk koperasi dan UMKM,juga ada “TokoKelontong.com” yang diakomodir oleh teman-teman UMKM,” imbuhnya.

Erna salah satu perwakilan dari peserta yang memiliki usaha pizza dan pembuatan abon ayam ini sangat bersyukur sebab kini, usaha nya berkembang dengan baik dan ia mengaku sebelum kenal dengan kopernik penghasilan yang didapat berkisar 300-400 an. Namun sejak ia mengikuti bimbingan dan belajar per November ia mampu meraih omset hingga 15x lipat dibanding sebelumnya.

“Saya harapkan untuk tahun-tahun berikutnya banyak ibu-ibu lain juga yang bisa gabung di Kopernik ini dan merasakan apa yang saya rasakan. Intinya bisa suskses bersama,” ucapnya.