Gandeng Pertamina EP, RPS Gelar Sekolah Jurnalistik

453
Husni Mubarok, Jurnalis Jtv saat menyampaikan materi di SMA Islamiyah

kabartuban.com – Perkumpulan wartawan Tuban yang tergabung dalam Ronggolawe Press Solidarity (RPS) kembali menggelar Sekolah Jurnalistik bagi pelajar menengah atas di Tuban, Rabu (15/11/2017).

Pada kegiatan kali ini, RPS menggandeng Pertamina Eksplorasi dan Produksi (Pertamina EP), dan sekolah jurnalistik diselenggarakan di MA Islamiyah Senori, Kabupaten Tuban. Selama dua hari, siswa siswi MA Islamiyah akan mendapatkan materi dasar jurnalistik, seperti teknik reportase dan wawancara, fotografi, videografi, dan teknik menulis berita.

Ketua RPS, Khoirul Huda, dalam sambutannya memberikan penjelasan  tentang fungsi pers. Salah satunya adalah fungsi edukasi yang bisa dilakukan dengan berbagai cara.

“Di pelatihan ini kami juga ingin bisa berbagi agar siswa yang ikut lebih memahami ilmu jurnalistik. Semoga apa yang kita lakukan sebagai upaya positif ini dapat bermanfaat,” kata Huda.

Sementara itu, perwakilan Pertamina EP, Kartika Tiara memberikan sedikit gambaran mengenai proses produksi minyak dan gas bumi, dimana kecamatan Senori menjadi salah satu wilayah operasi Pertamina EP field Cepu.

“Tugas Pertamina EP adalah mencari dan mengeluarkan minyak dan gas bumi dari tanah. Semua itu dilakukan untuk mencukupi kebutuhan BBM,” jelas Tiara.

Di lain pihak, Ahmad Mustain selaku Kepala sekolah MA Islamiyah mengatakan, sekolah jurnalistik selain bisa diambil manfaatnya, juga bisa menjadi ajang silaturahmi antara perusahaan dengan masyarakat sekitar. “Kita berharap kegiatan seperti ini bisa terus berkesinambungan,” tuturnya. (dur/luk)

/