Gubernur Khofifah Resmikan Mall Pelayanan Publik Tuban

20
Gubernur Jatim, Khofifah saat resmikan MPP Tuban.

kabartuban.com –  Pemerintah Kabupaten Tuban terus mengakselerasikan penyediaan Mall Pelayanan Publik (MPP) pada berbagai wilayah di Indonesia. Salah satunya adalah Kabupaten Tuban menjadi yang pertama dalam menjawab tantangan tersebut di awal tahun 2022.

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa yang mewakili Menteri PANRB Tjahjo Kumolo meresmikan Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Tuban, Kamis (10/02/2022). Peresmian ini juga dilakukan bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan disaksikan Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky juga bersama jajaran Forkopimda yang lain.

Terletak di Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo No. 57 Kel Latsari, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, MPP ini menyediakan 122 layanan dari 28 instansi pemerintahan, BUMN/D, maupun pihak swasta yang turut bergabung. Dengan demikian masyarakat Tuban sendiri dapat menikmati dan mengurus berbagai layanan administrasi serta perizinan di satu tempat.

“Tujuan keberadaan daripada MPP ini adalah yang pertama tentunya untuk meningkatkan kualitas pelayanan, membahagiakan masyarakat, yang kedua untuk mendukung dan mensupport tingkat kemudahan pelayanan di Indonesia,” ujar Diah Natalisa.

Lanjut Diah Natalisa, saat ini negara Indonesia masih berada di tingkat 73 dari 189 negara, hal ini juga membuat banyak pihak dapat memanfaatkan kemudahan yang disuguhkan oleh Mall Pelayanan Publik.

”Saat ini kita masih berada di tingkat 73 dari 189 negara, dari sini kami juga melihat bagaimana UMKM dan juga pihak-pihak dan swasta lainnya juga bisa memanfaatkan dan mengenalkan Mall Pelayanan Publik,” lanjutnya.

Tak hanya itu, MPP Tuban juga telah dilengkapi berbagai sarana dan prasarana yang membuat pengunjung khusunya warga di Kabupaten Tuban sehingga masyarakat dapat merasa nyaman dan betah saat mengurus layanan.

Beberapa layanan diantaranya pojok baca, ruang laktasi, mushola, pojok bermain anak, cafeteria, dan juga toilet, disini juga disertai jalur landai bagi penyandang disabilitas.

Bagi masyarakat Tuban dan sekitarnya dapat mengunjungi MPP tersebut pada Senin-Jumat 08.00-15.00 WIB.

MPP ini menjadi yang ke-51 di Indonesia dan ke-8 yang berdiri di Provinsi Jawa Timur . Meski tak bisa menghadiri peresmian ini secara fisik.

Menteri PANRB Thahjo Kumolo turut menyampaikan ucapan selamat atas beroperasinya MPP di Bumi Para Wali ini secara virtual. Tjahjo berharap dengan hadirnya MPP ini, dapat membuat proses perizinan dan mengurus layanan administrasi menjadi lebih cepat dan mudah bagi masyarakat Tuban.

 

Berikut Instansi yang bergabung dalam MPP Kabupaten Tuban:
1. Dinas Sosial P3A Kab. Tuban
2. DPMPTSP Kab. Tuban
3. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Tuban
4. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Tuban
5. BPPKAD Kab. Tuban
6. Polres Tuban
7. Tim Teknis Perizinan (Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Dinas Perikanan dan Peternakan, Bagian Perekonomian Sekda Kab. Tuban)
8. Bappenda Prov. Jawa Timur
9. PLN Tuban
10. Pengadilan Agama Tuban
11. Kantor Pajak Pratama Tuban
12. Kementerian Agama
13. Kejaksaan Negeri Tuban
14. Badan Pertanahan Nasional
15. BPJS Ketenagakerjaan
16. BPJS Kesehatan
17. Badan Narkotika Nasional Kabupaten Tuban
18. Bank Jatim
19. Bank Perkreditan Rakyat
20. Bank Rakyat Indonesia
21. Bank Negara Indonesia
22. Taspen
23. Mandiri Taspen
24. Asosiasi UMKM (hin/dil)