H-3 Lebaran, Volume Kendaraan Jalur Pantura Meningkat

641
Sejumlah kendaraan pemudik saat melintas jalur Pantura Jati Peteng, Kecamatan Jenu Tuban.

kabartuban.com – Sejak rabu kemarin (21/6/2017), peningkatan volume kendaraan mudik mulai terjadi di jalur Pantura Kabupaten Tuban. Hal ini terpantau dari Pos Pelayanan Mudik Lebaran di Jati Peteng, Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban, kepadatan kendaraan baik dari arah Semarang menuju Surabaya dan sebaliknya mulai terlihat di beberapa titik.

Kapolres Tuban, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Fadly Samad mengatakan, peningkatan kendaraan utamanya roda empat sudah terasa sejak kemarin, kendaraan masuk dari Kabupaten Rembang ke Tuban sekita 2400 kendaraan, sedangkan yang keluar Tuban sebanyak 1500. Sementara itu, untuk pukul 08.00 pagi tadi sebanyak 2250 kendaraan yang lewat Tuban,terutama dari arah Semarang menuju Surabaya.

“Meski belum terlalu signifikan, peningkatan volume kendaraan sudah mulai terlihat. Peningkatan sudah mulai dirasakan sejak kemarin, dan perkiraan hari ini puncaknya“ terang Kapolres  (22/6/2017).

Menurutn Fadly Samad, selain jalur Semarang-Surabaya, arah dalam kota juga mengalami kepadatan, seperti terdapat beberapa titik pantauan yang dapat dimonitor melalui CCTV, baik di perempatan Karang waru maupun Perempatan Kapur jalan Gajah Mada. Sebab dua perempatan tersebut merupakan pintu keluar dan masuk menuju pasar bongkaran dan terdapat banyak aktifitas kendaraan warga.

“Di tempat itu terdapat krosing (perempatan) dari arah selatan dan utara untuk warga yang akan ke Pasar Baru Tuban. Melalui pantauan ini jika ada krodit petugas langsung akan terjun ke lokasi,” katanya.

Sementara itu selain di Posko pelayanan mudik lebaran Jati Peteng Tuban, Polres juga menyiapkan Posko pelayanan yang berada di Rest Area, ditempat tersebut sejumlah fasilitas keluarga yang dapat dimanfaatkan oleh para pemudik untuk istirahat. Mulai dari kursi pijat untuk relaxsasi setelah mengemudi, ruang balita, ruang istirahat perempuan hingga game yang dapat dimanfaatkan pemudik untuk menghilangkan penat sebelum melanjutkan perjalanan kembali.

“Ada fasilitas keluarga yang dapat dimanfaatkan pengunjung disini, kami juga menyediakan kursi pijat, ada ruang menyusui bagi ibu yang membawa balitanya,” imbuh Perwira berpangkat dua melati di pundaknya ini.

Selain beberapa fasilitas tersebut juga terdapat petugas medis yang berjaga untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi pemudik yang membutuhkan.

“Pos pelayanan ini terpadu, jadi yang jaga di pos ini ada beberapa unsur selain kepolisian juga ada TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan ” terangnya. (Dur)

/