Hari Kemerdekaan, Sersan Mustajab Gegerkan Kota Tuban

702
dramakepet
foto : fb/akhirobin

kabartuban.com – Meramaikan hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 70 di Tuban, Komunitas teater Tuban menggelar pertunjukkan drama kolosal, yang mengisahkan kepahlawanan Sersan Mustajab. Dalam pagelaran pertunjukan kolosal tersebut mengisahkan peristiwa perjuangan putra Bumi Ronggolawe yang terjadi pada sekitar bulan Desember, saat agresi militer Belanda kedua pada tahun 1948.

Kepada Bidang Pariwisata Disperpar Tuban, Sunaryo mengatakan, pertunjukan tersebut digelar dalam rangka menumbuhkan semangat cinta tanah air, tepatnya di hari ulang tahun kemerdekaan RI ke 70, Senin (17/8/2015).

Selain disaksikan langsung oleh segenap anggota Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), pertunjukkan yang menggetarkan alun – alun kota Tuban ini juga disaksikan ratusan warga yang memadati lokasi sejak pagi hari.

Dalam Drama kolosal tersebut mengisahkan, sejumlah pejuang kemerdekaan Republik Indonesia yang dipimpin oleh Sersan Mustajab. Secara heroik, pasukan pimpinan putra Tuban itu berhasil merebut pos penjagaan dan pendaratan tentara Belanda yang hendak menguasai Bumi Pertiwi pada agresi militer Belanda kedua pada Desember 1948, dan puluhan tentara Belanda tewas dalam peristiwa ini.

Semangat kemerdekaan dan cinta tanah air yang ditunjukkan para warga dan pejuang kita ini, akhirnya berhasil mengusir para penjajah belanda untuk meninggalkan Bumi Tuban.

Selain drama kolosal, puncak HUT RI ke 70 di Tuban juga dilakukan upacara bendera yang dipimpin langsung oleh Bupati Tuban, Fathul Huda. Kemudian dilanjutkan dengan tabur bunga ke makam para pahlawan, di taman makam pahlawan Tuban. (pul/im)