Hari Pancasila, Kepala Bakesbangpol Ungkap Tuban Mendapatkan Skor Baik

22
dokumentasi monumen pancasila Tuban

kabartuban.com – Setiap tahun, pada tanggal 1 Juni, Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila. Dimana Pancasila adalah dasar negara Indonesia, yang berasal dari kata “panca” yang berarti lima dan “sila” berarti dasar.

Seperti halnya diungkapkan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Tuban, Didik Purwanto dalam wawancara singkat via WhatsApp yang memaknai Hari Pancasila hari ini sebagai landasan hidup dalam berbangsa maupun bernegara.

“Menurut saya Pancasila itu sebagai landasan hidup dalam berbangsa dan bernegara. Jadi dengan frame Pancasila tersebut masyarakat bisa dipersatukan, walaupun kita beda agama, keyakinan, suku, ras, dll,” jelasnya saat ditanyai makna Pancasila menurut Kepala Badan Kesbangpol ini, Rabu (01/06/2022).

Lanjutnya, Didik Purwanto mengatakan bahwa penerapan Pancasila di Kabupaten Tuban sendiri dinilai baik dan mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Pusat, dimana semua warga Kabupaten Tuban mendapatkan skor hingga 88, menurutnya nilai tersebut tergolong tinggi, bahkan lebih tinggi daripada Propinsi Jawa Timur yang mendapat skor 84.

“Walaupun hanya tersirat. Contohnya kerukunan umat beragama di Kabupaten Tuban menjadi parameter bahwa Pancasila sudah dilaksanakan. Dan itu dapat apresiasi dari Pemerintah Pusat, warga Tuban mendapatkan skor yang termasuk tinggi,” jelasnya.

Terakhir, Didik berharap untuk semua warga yang ada di Kabupaten Tuban untuk tidak ragu-ragu dengan ideologi Pancasila, karena hanya dengan ideologi ini yang dapat mempersatukan seluruh komponen bangsa Indonesia. (hin/im)

/