Haul Sunan Bonang, PKL Mulai Bertebaran

1158

PKLBonangkabartuban.com – Menjelang puncak acara haul Sunan Bonang Tuban, para Pedagang Kaki Lima (PKL) dari berbagai daerah mulai tumpah ruah di kota Tuban. Ratusan PKL tersebut terlihat bertebaran di sejumlah ruas jalan sekitar alun –alun kota Tuban. Tidak hanya PKL asli Tuban, pedagang musiman tersebut datang dari sejumlah daerah di sekitar Tuban seperti Lamongan, Bojonegoro, Cepu, Blora, Rembang, bahkan ada juga yang jauh – jauh datang dari Demak untuk mengais berkah rejeki dari Haul Akbar Sunan Bonang.

Berdasarkan pantauan wartawan media ini, para PKL mulai mencari, menempati, dan menggelar dagangannya di sejumlah ruas jalan sekitar alun – alun kota, seperti Jl. Veteran, Jl. KH. Musta’in, hingga ke ujung perempatan timur Bravo Swalayan Tuban, Rabu (4/11/2015).

Hingga saat ini, belum dapat dipastikan jumlah real PKL yang ikut mengais rejeki pada kegiatan tersebut. Pihak Satpol – PP tidak dapat memberikan keterangan jumlah pasti, pasalnya tidak semua PKL teregristrasi.

Salah satu PKL yang ditemui kabartuban.com mengatakan, “Saya sudah datang sejak dua hari yang lalu mas. Setiap tahun saya ke sini, alhamdulillah hasilnya selalu lumayan,” tutur Fatimah, pedagang asal kudus yang menjual jenang kudus tersebut.

Berbeda dengan Fatimah, kurdi mengaku baru datang hari ini dan langsung menggelar dagangannya di salah satu titik Jl. Veteran. “Pagi tadi saya sampai sini mas, syukur langsung dapat tempat dan bisa langsung menata dagangan juga,” ucapnya sambil menata lapaknya.

Untuk diketahui, rangkaian kegiatan Haul Akbar Sunan Bonang sudah dimulai sejak hari Selasa tanggal 27 Oktober yang lalu dengan agenda pertemuan Alim ‘Ulama se – Kabupaten Tuban di Masjid Astana Makam Sunan Bonang. Selanjutnya pada hari Minggu 1 November kegiatan Tahtimul Qur’an bin Nadhor di seluruh masjid dan mushola se – Kecamatan Tuban, dilanjutkan hari ini, Rabu (4/11/2015) Tahtimul Qur’an bil Ghoib di masjid dan mushola se – Kecamatan Tuban sejak pagi tadi dan pada malam nanti akan dilangsungkan pagelaran Hadrah ISHARI se – Jawa Timur dengan pembacaan Maulid Barzanji.

Sedangkan acara puncak Haul Akbar Sunan Bonang dengan pengajian umum di alun – alun kota Tuban dengan pembicara KH. Agus Mashuri dari Sidoarjo dan Habib Umar Muthohar dari Semarang, yang akan diselenggarakan besok Kamis malam Jum’at Wage tanggal 5 November 2015. Sebelumnya, pada pagi  harinya akan dilaksanakan Sunatan Masal di halaman Masjid Astana Makam Sunan Bonang yang akan diikuti oleh 100 anak. (im)   |

/