Humas Pemkab Tuban Tingkatkan Kesadaran Pers SKPD

550

IMG03230-20141009-1037kabartuban.com – Bagian Humas (Hubungan Masyarakat) Pemerintah Kabupaten Tuban, Jawa Timur berupaya meningkatkan kesadaran press bagi Satuan Kerja Perangat Daerah (SKPD), Kamis (09/10/2014).

Upaya peningkatan kesadaran press bagi SKPD di Tuban itu dikemas dalam acara “Saresehan Sosialisasi Kehumasan, meningkatkan Citra Positif Melalui Bidang Kehumasan” yang diikuti seratus peserta dari jajaran staf SKPD dan masing masing perwakilan dari kecamatan se-Kabupaten Tuban. Saresehan itu juga menghadirkan dua orang narasumber yakni wartawan senior di Tuban masing-masing bernama Teguh Setyo Budi dan  Abdul Barri.

Saresehan yang berlangsung di Graha Pradya suara, Jalan Mastrip, kelurahan Sidorejo, Tuban ini, bertujuan untuk memberikan informasi yang posistif kepada masyarakat dengan sejelas jalasnya. “ target dalam kegiatan ini agar masing masing perwakilan dari SKPD atau kecamatan mampu dan atau memiliki keterampilan untuk menulis sebuah berita,” kata Teguh Setyo Budi, selaku Kepala Humas dan Media pemkab Tuban, saat mendampingi kegiatan saresehan itu.

Teguh menuturkan, setelah mampu menulis berita, masing-masing peserta diharapkan dapat mengirim laporan berita kegiatan dari instansinya masing-masing ke Humas Pemkab Tuban. Berita tersebut selain untuk ditayangkan ke website Pemkab Tuban ( tubankab.go.id) juga akan dimuat dimajalah Akbar milik pemkab. “laporan yang mereka kirim tidak harus dimuat melainkan diedit terlebih dulu oleh tim redaksi,” lanjutnya.

Lebih lanjut Teguh menjelaskan, bahwa majalah Akbar sendiri, saat ini sudah terbit dengan jumlah sekitar 198 edisi dengan jumlah sebanyak 40 halaman dan cetak sebanyak 2000 eksemplar yang diterbitkan satu bulan sekali. “ Majalah Akbar ini kan milik pemkab,  rubrik beritanya ya tentang pembangunan dan sekitar keberhasilan pemerintah daerah. Tidak hanya itu, rubrik yang disajikan juga terdapat sosial dan kebudayaan,” tambah Teguh.

Saat ini, majalah Akbar milik Pemakab Tuban, yang di terbitkan sejak jaman pemerintahan Bupati Hindarto itu, kini terus dikembangkan kualitasnya. Sehingga majalah Akbar dan website pemkab ini, rencananya akan digunakan sebagai wadah informasi dari pemkab untuk masyarakat. Selain itu, juga terdapat media elektonik radio pradya suara, mengingat tentang transparasi informasi dan undang undang keterbukaan publik, sehingga berita pemkab Tuban dapat mudah diakses masyarakat Tuban. (af/riz)