Idul Fitri Serentak, Warga Berhambur Bahagia

373

sholatidkabartuban.com – Kaum muslimin di Kabupaten Tuban secara serentak merayakan Hari Raya Idul Fitri 1436 H pada hari Jum’at. Tidak adanya perbedaan antara ormas Nahdlatul ‘Ulama dan Muhamadiyah pada lebaran tahun ini, membuat suasana Idul Fitri di Tuban semakin meriah. Seluruh masjid di Tuban menggelar sholat Idul Fitri pada hari yang sama, dengan berbagai tema khotbah yang disampaikan, Jum’at (17/7/2015).

Berdasarkan pantauan wartawan media ini, hampir semua masjid penuh dengan para jamaah yang hendak melaksanakan sholat Idul Fitri. Masyarakat berbondong – bondong berangkat ke masjid untuk melaksanakan sholat Idul Fitri bersama keluarga. Tidak terkecuali di Masjid Agung Tuban, pelaksanaan sholat Idul Fitri secara akbar di Masjid Agung Tuban dihadiri langsung oleh Bupati Tuban H. Fathul Huda, sekaligus bertindak sebagai Khotib.

Sementara itu, sejumlah warga mengaku bahagia dengan Idul Fitri kali ini. Tidak adanya perbedaan hari dalam pelaksanaan Idul Fitri kali ini, menjadi salah satu alasan bertambah meriahnya lebaran 2015.

“Alhamdulillah mas, saya berharap seperti ini terus. Tidak ada perbedaan hari dalam pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri. Kita jadi bisa kumpul semua,” kata Fitri, salah satu warga Kecamatan kota yang ditemui menjelang Sholat Id di Alun – alun kota.

Lebih lanjut Fitri mengatakan, “Nggak enak banget kalau Idul Fitri beda – beda harinya mas. Wong sama – sama muslim dan berada di negara yang sama, kok Hari Raya Idul Fitri-nya beda. Susah kita yang di bawah ini mas, apalagi teman satu kantor kan juga beragam warnanya. Kalau beda – beda harinya, kan jadi nggak enak semua,” ucapnya panjang lebar.

Ketetapan dan pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri yang serentak ini juga merupakan ihtiyar yang cukup luar biasa dari Kementerian Agama. Beberapa waktu yang lalu saat berkunjung di Kabupaten Tuban, Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifudin mengatakan, “Pemerintah, dalam hal ini saya sebagai Menteri Agama telah melakukan komunikasi dengan semua tokoh dan ormas di negeri ini, agar dalam pelaksanaan Ramadhan dan Idul Fitri nanti ada kesepakatan yang baik. Semoga saja nanti tidak ada perbedaan,” tuturnya, saat dikonfirmasi di alun – alun kota Tuban beberapa bulan yang lalu. (im)