Jadi Panutan Masyarakat, Bupati Ingatkan Perilaku PNS

443

Sumpah PNS 3kabartuban.com – Tuntutan dan tanggungjawab sebagai Abdi Negara atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) sangatlah berat. Selian dituntut harus memberikan pelayanan secara prima pada publik, ditengah masyarakat, PNS juga diharuskan memiliki sikap dan perilaku yang senantiasa mendahulukan kepentingan umum, bangsa, dan negara daripada kepentingan pribadi kelompok dan golongan.

“Selain profesional harus juga proporsional sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang diemban, menguasai, memahami Tupoksi dengan segala Instrumen yang mendasarinya, serta ketekunan, keuletan, komitmen, harus dimiliki oelha seorang abdi Negara,” Kata Bupati Tuban H. Fathul Huda setelah acara Sumpah/Janji pada 400 PNS kemarin lusa (17/16.red) di Pendopo Krido Manungal Tuban.

Bupati Huda juga menekankan, bahwa dispilin bagi PNS adalah hal mutlak yang harus dilaksanakan dan harus menjadi acuan hidup, karena tuntutan masyarakat akan pelayanan yang semakin tinggi membutuhkan aparatur yang bersih, profesional serta berdisiplin tinggi dalam menjalankan tugas.

“Apapun jabatanya, ketika sudah menyandang sebagai abdi Negara, mereka (PNS.red) akan menjadi contoh utamanya prilaku ditengah masyarakat, jadi berhat-hati dan bersikaplah yang baik, ojo aneh-aneh,” Pesan Bupati Huda yang akabarnya akan kembali mencalonkan sebagai Bupati Tuban periode II yang digelar pada 9 Desember mendatanag.

Menyinggung tentang Sumpah dan Janji yang di diucapkan para PNS, Bupati menjelaskan bahwa kalau hal tersebut merupakan sebuah pernyataan kesanggupan yang dapat diartikan telah berikrar dan berkomitmen untuk menerima dan menjalani secara totalitas segala konsekuensi profesi sebagai PNS.

“Karena sejatinya sumpah di bawah kitab suci merupakan pertanggung jawaban pula di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, itu yang harus diingat dan diperhatikan dalam menjalankan tugas Negara,” Pesan Bupati Huda.

Untuk diketahui, kegiatan sumpah janji PNS dilingkup Pemkab Tuban dilaksanakan di Pendopo Kridho Manunggal dengan Jumlah peserta kurang lebih 400 orang PNS dari tenaga Teknis, kesehatan dan pendidikan. Selain Bupati hadir pula Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si (Sekda), Asisten, seluruh Kepala SKPD dan Camat Se-Kabupaten Tuban. (kh/riz)