Jamaah Haji Tiba, Kepala Kemenag Tuban Bantah Ada Jemaah Haji Yang Terserang Virus Corona

434

kabartuban.com Kusnan (70 th), jamaah haji asal Desa Karanganyar Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban hingga saat ini  masih mendapat perawatan secara intensif di Rumah Sakit Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Kasi Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban Siti Maulidiyah, berdasarkan informasi yang diterimanya. Kusnan harus menjalani operasi akibat sakit yang dideritanya. Sehingga, yang bersangkutan belum diperkenankan pulang. ‘’Kabar terakhir yang kami terima, beliau harus dioperasi,’’ kata  Siti Maulidiyah.

Sementara saat ditanya penyakit yang diderita Kusnan, Mulik, sapaan akrabnya Siti Maulidiyah belum mengetahui secara pasti penyakit apa yang diderita Kusnan.

‘’Untuk pastinya penyakit apa yang diderita kami belum tahu. Namun, informasi yang kami terima di dalam perutnya terdapat cairan yang harus diangkat, ntah itu cairan apa kami juga belum mendapat informasi secara pasti,’’ ungkapnya.

Kasi Haji dan Umroh ini membantaj saat disinggung penyakit yang diderita jamaah tersebut berasal dari tanah suci dan memastikan, penyakit yang diderita jamaah haji asal Jenu tersebut bukan berasal dari tanah suci.

‘’Sebelum berangkat, beliau juga sudah pernah sakit. Jadi ini merupakan penyakit yang sudah lama diderita beliau,’’. Terang Mulik.

Kapan pastinya Kusnan akan pulang ke Tuban, Mulik juga tidak bisa memastikan. Sebab, setelah menjalani operasi pengangkatan cairan yang ada dalam perutnya tersebut, yang bersangkutan masih harus menjalani perawatan secara intensif di RS Haji Surabaya.

‘’Entah kapan beliau pulang kami tidak bisa memastikan, yang pasti kondisinya harus sehat dulu,’’ jawabnya.

Sementara itu, jamaah haji lainnya yang juga sempat dirawat di RS Haji Surabaya karena sakit, yaknii Eko Utami, (65 Th), warga Kelurahan Kingking, Kecamatan Tuban dan Tuminah, 74, warga Desa Jenggolo, Kecamatan Jenu sudah diperbolehkan pulang beberapa hari yang lalu setelah kondisinya kembali sehat.

Untuk diketahui, jumlah jamaah haji asal kabupaten Tuban yang kembali ke tanah air sesuai dengan jumlah saat awal berangkat ke tanah suci, yakni sebanyak 606 jamaah. Selama prosesi ibadah haji, tidak ada jamaah haji asal Tuban yang dinyatakan meninggal. (Kh)