Jamaah Lokal Hingga Luar Pulau Mulai Memadati Area Makam Sunan Bonang

469

mbonangkabartuban.com – Ribuan jamaah dari berbagai daerah mulai memadati area makam Sunan Bonang Tuban, menjelang Haul Akbar yang puncak acaranya akan diselenggarakan besok malam di Alun – alun kota. Sebagian dari mereka sengaja untuk melakukan ziarah di makam Syeh Mahdum Ibrahim Sunan Bonang, dan ada juga yang sedang melakukan persiapan untuk pagelaran Hadrah ISHARI malam nanti, Rabu (4/11/2015).

Pantauan kabartuban.com di lapangan menyebutkan, para jamaah sebagian besar mulai bergantian melakukan ritual ziarah di makam sesepuh wali songo tersebut. Pengunjung yang datang mulai dari warga Tuban sendiri dan warga luar kota, bahkan dari luar jawa.

Suryono, seorang jamaah dari lampung mengatakan, “Saya setiap tahun datang ke sini mengikuti Haul Sunan Bonang,” ucapnya, saat ditemui kabartuban.com di depan masjis Astana Sunan Bonang.

Ditanya apa motivasinya hingga jauh – jauh datang ke Tuban mengikuti acara Haul, dengan singkat Suryono mengaku, “Hanya ngalap barokah saja mas,” kata pria yang sempat menimba ilmu di pesantren Jombang ini.

Di satu sisi, seorang pengunjung dari Semarang Jawa Tengah mengatakan, “Alhamdulillah, setiap tahun saya bisa ke sini. Haul Mbah Bonang ini sangat penting buat saya mas, banyak berkahnya di sini,” ujar Slamet, buruh pabrik yang mengambil cuti demi menghadiri Haul Sunan Bonang ini.

Menurutnya, datang ke Haul ini sebagai bentuk penghormatan dan memanjatkan doa untuk Syeh Mahdum Ibrahim Sunan Bonang, yang telah berjasa dalam menyebarkan agama Islam di tanah jawa. “Hormat Mbah Bonang saja. Kita beri penghormatan dan berdoa untuk beliau yang telah berjasa dalam dakwah islam di jawa ini. Kalau ditanya untuk diri sendiri untungnya apa datang ke sini, ya saya kira urusan seperti ini bukan soal untung rugi. Namun lebih dari itu, ini adalah ubudiyah,” tuturnya.

Lebih lanjut Slamet mengatakan, “Berkah itu jangan dipaksakan, kalau Allah memberikan berkah kebaikan untuk kita, itu tidak akan kemana. Namun urusan ibadah jangan ‘karena berkah”, tapi harus murni karena Allah,” paparnya.

Baca Juga : Haul Sunan Bonang, PKL mulai bertebaran

Untuk diketahui, rangkaian kegiatan Haul Akbar Sunan Bonang sudah dimulai sejak hari Selasa tanggal 27 Oktober yang lalu dengan agenda pertemuan Alim ‘Ulama se – Kabupaten Tuban di Masjid Astana Makam Sunan Bonang. Selanjutnya pada hari Minggu 1 November kegiatan Tahtimul Qur’an bin Nadhor di seluruh masjid dan mushola se – Kecamatan Tuban, dilanjutkan hari ini, Rabu (4/11/2015) Tahtimul Qur’an bil Ghoib di masjid dan mushola se – Kecamatan Tuban sejak pagi tadi dan pada malam nanti akan dilangsungkan pagelaran Hadrah ISHARI se – Jawa Timur dengan pembacaan Maulid Barzanji.

Sedangkan acara puncak Haul Akbar Sunan Bonang dengan pengajian umum di alun – alun kota Tuban dengan pembicara KH. Agus Mashuri dari Sidoarjo dan Habib Umar Muthohar dari Semarang, yang akan diselenggarakan besok Kamis malam Jum’at Wage tanggal 5 November 2015. Sebelumnya, pada pagi  harinya akan dilaksanakan Sunatan Masal di halaman Masjid Astana Makam Sunan Bonang yang akan diikuti oleh 100 anak. (im)

/