Jelang Muktamar, PCNU NU Tuban Gelar Harlah

506

harlahNUkabartuban.com – Jelang muktamar ke-33, ribuan Warga Nahdiyin padati Alun-alun Tuban, dalam rangka hari lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama’ ke-92.

Puncak Harlah NU yang dilaksanakan Pimpinan Cabang (PC) NU Tuban di alun-alun tersebut, sekaligus sebagai sosialisasi jelang diselenggarakannya kegiatan Muktamar NU ke-33, yang rencananya di tempatkan di Kabupaten Jombang. Mulai tanggal 1-5 agustus 2015.

Ketua panitia lokal Jawa Timur, Saifullah Yusuf, yang juga Wakil Gubernur Jatim, di sela-sela sambutannya mengungkapkan bahwa ada 9 Kabupaten yang menjadi tempat sosialisasi jelang Muktamar, Sabtu (9/5/15).

“Hari ini selain puncak Harlah NU yang diselenggarakan PCNU Tuban, Tuban juga sebagai Kabupaten terakhir yang menjadi tempat sosialisasi jelang Muktamar, yang akan berlangsung pada tanggal 1-5 Agustus 2015 mendatang di Kabupaten Jombang, dan akan tempatkan di 4 Pondok Pesantren besar, untuk persiapan Insya’ Allah sudah hampir selesai,” ungkap Gus Ipul.

Lebih lanjut pria yang biasa disapa Gus Ipul tersebut menyampaikan, kurang lebih ada sekitar 3.000 peserta Muktamar, ditambah 50.000 orang pengembara, untuk sidang komisi akan berada di empat ponpes sekaligus, sementara pembukaan dan penutupan akan berada di alun-alun Jombang.

‎‎”Kami berharap mendapat sukses dalam penyelenggaraan, sukses hasil, dan NU tetap bisa memelihara serta menjaga Indonesia”

Dalam Muktamar kali ini yang bertema “Meneguhkan Islam Nusantara untuk Membangun Peradaban Islam Indonesia dan Dunia” tema tersebut sebagai rasa prihatin atas konflik yang ada di Yaman, serta berkembangnya aksi teror akhir-akhir ini

“Islam yang kita kenal adalah Islam Rahmatan lil alamin, Islam Nusantara diharapkan menjadi Inspirasi bagi peradaban dunia, yang mempertemukan agama dan kultur yang ada”

Mantan Ketua GP Ansor Pusat tersebut juga mengatakan, NU berusaha mengajak serta meyakinkan berbagai pihak, untuk menjaga situasi yang kondusif.

“Bagi NU NKRI adalah harga mati, menjadi bagian yang tidak terpisahkan, NU jelas menentang paham-paham yang membahayakan kesatuan Indonesia” pungkasnya. 

Dalam acara tersebut, selain dihadiri Saifullah Yusuf, hadir pula Bupati Fathul Huda, Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Husain, ‎Ketua PW NU KH. Hasan Mutawakil Alallah, KH. Agoes Ali Masyhuri, turut hadir pula Ketua DPW PKB Jatim Halim Iskandar. (Pul)