Jelang Pilkada, KPU Gencar Lakukan Sosialisasi

350

IMG_20150430_100709kabartuban.com – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Bupati dan Wakil Bupati, serentak pada 9 desember 2015 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kabupaten Tuban, gencar mengelar sosialisasi pelaksanaan Pilkada.

Sosialisasi Pilkada itu tidak hanya dilakukan kepada Partai Politik (Parpol) saja, namun sosialisasi tersebut, juga dilakukan KPU Tuban, kepada sejumlah organisasi kemasyarakatan, mahasiswa serta elemen masyarakat lainnya.

Disela-sela sambutannya dalam kegiatan sosialisasi Pilkada yang digelar di Kantor KPU Tuban Jalan Pramuka. Kamis (30/04/15). Ketua KPU Kabupaten Tuban, Kasmuri, mengungkapkan “Kami berharap dengan sosialisasi ini, tingkat partisipasi pemilih dalam Pilkada di Tuban nantinya akan meningkat dibandingkan pemilu-pemilu yang lalu”.

Dikesempatan yang sama, Devisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Organisasi, KPU Tuban, Yayuk Dwi Agus Sulistyorini, mengungkapkan pihaknya akan terus melakukan sosialisasi demi kelancaran berlangsungnya Pilkada, baik secara langsung maupun melalui Web KPU Tuban, serta berbagai media sosial, Yayuk juga menandaskan pihaknya juga melakukan kerjasama dengan radio pemerintah daerah untuk melakukan sosialisasi tersebut.

“Kami KPU Tuban, akan terus melakukan sosialisasi kepada semua pihak elemen masyarakat, kami berharap sosialisasi seperti ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya, kami juga berharap kepada semua yang hadir atau mengetahui akan digelarnya Pilkada dapat menyampaikan hal tersebut kepada teman-temannya” terangnya

Sementara itu, dari informasi yang diterima kabartuban.com pelaksanaan Pilkada Kabupaten Tuban pada tahun 2011, dari data KPU Tuban, tingkat partisipasi pemilih sebanyak 76,5 persen, sedangkan Pemilihan Gubenur (Pilgub) Jawa Timur, tingkat partisipasi mencapai angka 56,02 persen dan pada pemilihan presiden 2014, suara pemilih dari Kabupaten Tuban hanya memperoleh 70 persen pemilih. Padahal, dalam pemilihan legeslatif, angka partisipasi pemilih mencapai 76 persen‎ (Pul)‎