Kabar Gembira, Angkutan Pelajar Akan Beroperasi Bulan Ini

50
foto: deretan angkutan umum di Tuban

kabartuban.com – Program prioritas angkutan pelajar yang diwacanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban sejak beberapa waktu lalu, akhirnya akan terlaksana. Di gadang-gadang angkutan pelajar tersebut akan beroperasi di pertengahan bulan Oktober 2022 mendatang, Rabu (12/10/2022).

Rupanya program angkutan pelajar tersebut sudah disorot oleh Pemkab Tuban guna memberikan kenyamanan kepada para pelajar yang naik. Sebab, hal tersebut dapat meminimalisir timbulnya angka kecelakaan yang terjadi.

Respon positif dibeberkan oleh Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Tuban, Ihsan Hadi, yang mana dalam proses pelelangan proyek tersebut dimenangkan oleh PT. Tuban Agung Makmur, dengan proyek sewa armada sebesar Rp499 juta dan kini masih dalam tahap persiapan.

“Program ini ditargetkan pertengahan bulan bisa dilaksanakan dan masih proses persiapan, baik dari segi armadanya ataupun administrasinya. Semoga tetap bulan Oktober ini bisa jalan,” paparnya saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Hasil Rajutan Emak-emak Asal Tuban Mampu Tembus Pasar Amerika

Nantinya akan ada lima trayek yang akan dilewati oleh angkutan pelajar tersebut, diantaranya yaitu Kecamatan Tuban, Kerek, Montong, Rengel, dan juga Kecamatan Palang.
Walaupun begitu, pihaknya akan tetap berupaya ada jalur lain yang dilewati oleh mobil pelajar, selain lima trayek yang telah ditentukan tersebut.

“Diupayakan akan ada jalur lain selain trayek, yaitu jalur perintis. Rencana armadanya 30-40 an kendaraan,” tuturnya.

Sementara itu, dihubungi secara terpisah, Kepala Bidang Lalu Lintas, Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Tuban, Imam Isdarmawan, menyampaikan bahwa secara teknis di lapangan, baik angkutan umum perkotaan maupun pedesaan yang ditunjuk, akan melayani rute-rute yang telah ditentukan, untuk pelayanan jam berangkat maupun pulang sekolah.

Adapun Mobil Pengangkut Umum (MPU) yang telah ditunjuk sebagai mobil pelajar, lanjutnya, maka nantinya akan diberi tanda khusus berupa sticker.

“Informasi yang saya terima, minggu ini sudah tahap tanda tangan kontrak. Kita harapkan minggu depan finalisasi kesiapan, akhir dilanjutkan dengan peluncuran program tersebut,” sambungnya. (hin/dil)

/