Kemenag dan Baznas akan Adakan Festival Ramadan di Bulan Suci

33
Foto Ilustrasi/tribunnews

kabartuban.com – Hadapi bulan suci Ramadan yang akan datang, Kementerian Agama (Kemenag) Tuban akan adakan Festival Ramadan. Program ni merupakan kolaborasi antara Kementerian Agama dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Program yang diinisiasi oleh Direktorat Pemberdayaan Zakat Wakaf ini akan memberikan bantuan secara serentak pada bulan Ramadan. Selain itu, Kemenag juga mempunyai berbagai program rutin yang selalu dilaksanakan setiap bulan suci ini.

Seperti di tahun-tahun sebelumnya dalam bidang pendidikan, rutinitas kegiatan pondok Ramadan akan diadakan di Madrasah-Madrasah yang ada di Kabupaten Tuban dan diatur oleh Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam (Kasi PAIS).

“Kegiatan pondok Romadon diadakan di Madrasah melalui Kasi Pendidikan Madrasah di Kabupaten Tuban,” ungkap Umi, Senin (11/03/2024).

Sedangkan di sisi lain, untuk kegiatan Rukyatul Hilal penentuan awal Ramadan telah dilaksanakan oleh Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam dan Badan Hisab Rukyah (BHR) pada Ahad sore (10/02/2024) di Desa Banyuurip, Kecamatan Senori, Tuban.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tuban KH. Abdul Matin Jawahir bersama pengurus, Majlis Tarjih Muhammadiyah, Lajnah Falakiyah Nahdlatul Ulama (NU), juga para Pemerhati Ilmu Falak lainnya. (za/zum)

/