Khofifah Pilih Tuban Jadi Tempat Upacara Sumpah Pemuda, Ini Alasannya

1
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat melakukan upacara Sumpah Pemuda didampingi Bupati Tuban, Aditya Halindra.

kabartuban.com – Pemerintah Provinsi JawaTimur menggelar upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke-93. Namun upacara kali ini ada yang berbeda, sebab jika biasanya bertempat di Gedung Negara Grahadi, kini diselenggarakan di Alun-alun Kabupaten Tuban, Kamis (28/10/2021).

Upacara peringatan Sumpah Pemuda ini adalah kali pertama yang dilakukan oleh Pemprov Jatim, di luar Surabaya. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan alasan mengapa upacara Sumpah Pemuda ditempatkan di Kabupaten Tuban.

Menurutnya, ini tidak terlepas dari jejak atau kilas balik peran Sugondo Djojopuspito, tokoh pemuda tahun 1928 yang memimpin Kongres Pemuda Indonesia Kedua dan menghasilkan isi Sumpah Pemuda. Sugondo sendiri merupakan tokoh kelahiran asal Tuban, tepatnya 22 Februari 1905.

“Ini tidak lepas dari peran Sugondo Djojpuspito, beliau pemimpin Kongres Pemuda,” ujar Khofifah seusai upacara.

Didampingi Mas Bupati, Khofifah mejelaskan hasil dari Kongres Pemuda yang dipimpin Sugondo. Hasilnya yaitu “Bertumpah darah yang satu tanah air Indonesia, berbangsa yang satu bangsa Indonesia dan menjunjung bahasa persatuan Bahasa Indonesia”.

Beliau juga terus mengajak semua pemuda agar terus memberikan karya terbaik bagi bangsa dan negara.

“Yang jelas kenapa dilakukan di Tuban karena untuk mengingat peran dari Sugondo Djojopuspito sebagai tokoh Sumpah Pemuda asal Tuban,” pungkasnya. (hin)

/