Kirab Klenteng Padati Kota, Naga Barong Unjuk Gigi

449
kirabklenteng
Tim Naga Barong dari Batalyon Arhanudse 15 Kodam IV / Diponegoro TNI Angkatan Darat

kabartuban.com – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) yang mulia Kong Co ke 1853 yang diadakan oleh Klenteng Kwan Sing Bio Tuban telah sampai pada puncaknya, Minggu (9/8/2015). Sejak pagi hari ribuan massa memadati Klenteng dan sejumlah ruas jalan di Tuban untuk menyaksikan gebyar kirab keliling kota.

Kepada wartawan media ini, Alim Sugiantoro selaku panitia penyelenggara mengatakan, “Tujuan kirab ini adalah mengakrabkan antar umat beragama yang ada di Tuban, rakyat bisa berbaur dan nyatanya di Tuban aman serta rakyat membantu kita,” tutur Alim.

Menurutnya, peserta kirab ini ada 55 Kim Sien, dan pengunjung yang hadir diperkirakan enam ribu orang, termasuk pengunjung dari seluruh Indonesia dan manca negara. Sedangkan  pengunjung dari manca negara, disebutkan ada dari Tiongkok, Malaysia, Taiwan, dan Singapore.

Berdasarkan pantauan kabartuban.com menyebutkan, kirab ini dimulai sejak jam 9 pagi mulai dari klenteng Kwan Sing Bio, mengelilingi sejumlah ruas jalan di kota Tuban. Mulai dari jalur pantura Tuban berjalan ke arah Timur, berputar melewati Jl. Basuki Rahmat, Jl. Diponegoro dan kembali ke Klenteng sekitar pukul 12 siang.

Baca juga : Pengunjung klenteng lintas agama, sebagian berburu angpo

Sementara itu, Kirab Kim Sien yang disaksikan ribuan masyarakat Tuban ini juga dimeriahkan oleh atraksi Tim Naga Barong dari Batalyon Arhanudse 15 Kodam IV / Diponegoro TNI Angkatan Darat. Tim Kesenian dari militer ini menampilkan pertunjukan Barongsai Naga, Drum Band dan sejumlah atraksi lain, yang kemudian disambut gemuruh takjub oleh masyarakat yang telah memadatai trotoar Jl. Basuki Rahmad sejak pagi hari.

Di satu sisi, suasana di dalam Klenteng Kwan Sing Bio masih cukup padat hingga tengah siang. Banyak umat yang masih melakukan ritual sembahyang dan sejumlah memadati beberapa stand di area barat Klenteng Kwan Sing Bio. (im)