Komisioner KPU RI Lakukan Monitoring Tahapan Pemilu Serentak 2024 di Tuban

7
Komisioner KPU RI, Arief Budiman (tengah) saat melakukan kunjungan ke kantor KPU Tuban.

kabartuban.com – Jajaran komisioner KPU Kabupaten Tuban menerima langsung kunjungan Komisioner KPU RI, Arief Budiman, di kantor KPU Tuban Jalan Pramuka Nomor 3, Tuban, Senin (21/03/2022).

Kunjungan mantan Ketua KPU RI ini guna membahas tentang persiapan perencanaan anggaran Pemilu Serentak Tahun 2024.

“Terima kasih atas kunjungan Pak Arief ke kantor kami,” ujar Ketua KPU Kabupaten Tuban, Fatkul Iksan saat menyambut kedatangan Arief Budiman.

Menurut Fatchul Iksan, kedatangan KPU RI ini juga dalam rangka monitoring tahapan, utamanya persiapan anggaran yang telah diajukan KPU Tuban kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban.

“Untuk anggaran Pilkada Serentak 2024 telah kami usulkan ke Pemkab lebih dari Rp 82 miliar, angka itu mengalami kenaikan daripada Pilkada 2020 lalu,” timpalnya.

Kenaikan anggaran itu, katanya, karena ada rencana kenaikan honor badan Ad Hoc, di antaranya honor KPPS yang dulunya Rp600 ribu menjadi Rp1 juta.

“Pilkada 2020 kemarin anggaran dari Pemkab Rp54 miliar. Pada 2024 mengalami kenaikan angka yang signifikan dikarenakan selain honor Badan Ad Hoc termasuk juga sarana protokol kesehatan,” sebut Fatkul.

Dia menambahkan, perlengkapan protokol kesehatan pada 2020 dianggarkan oleh KPU RI melalui APBN, tapi pada Pemilu 2024 mendatang semua diusulkan anggarannya dari Pemkab Tuban.

Terkait tahapan, ia menjelaskan secara draft PKPU akan dimulai pada Juni tahun ini. “Tapi itu baru draft, secara tahapan belum bisa dijadikan acuan karena belum diundangkan, jadi belum bisa dijadikan dasar,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Divisi SDM, Organisasi, Diklat, dan Litbang KPU RI, Arief Budiman menyampaikan, kunjungannya ke KPU Tuban dalam rangka monitoring sejauh mana persiapan anggaran Pemilu dan Pilkada 2024 di KPU Kabupaten Tuban.

“Masing-masing daerah kami cek apakah sudah melakukan pembahasan anggaran dan juga pembicaraan dengan Pemerintah Daerah mengenai kebutuhan anggaran Pilkada,” tuturnya.

Selain agenda monitoring, Arief juga menyempatkan untuk undur diri sebagai komisioner KPU RI. Sebab menurutnya, ia akan memasuki purna tugas sebagai penyelenggara Pemilu pada tahun ini.

“Hampir 25 tahun saya terlibat langsung dalam penyelenggaraan Pemilu, dan akan mengakhiri masa tugas saya sebagai Anggota KPU RI pada 11 April 2022 mendatang,” ucapnya.

Oleh karena itu, Arief berpesan, persiapan menghadapi Pemilu 2024 harus dilakukan sebaik mungkin dengan perencanaan tahapan yang matang, karena akan dilakukan secara serentak.

Selain melakukan kunjungan ke KPU Tuban, Arief Budiman juga melaksanakan kegiatan serupa ke KPU Lamongan dan KPU Gresik. (hin/dil)

/