Komunitas Tuban Robotik Berharap Dukungan dari Pemerintah

512

kabartuban.com –  Tuban Robotik merupakan satu-satunya komunitas robotik di Tuban yang masih aktif hingga kini. Komunitas yang diikuti oleh dua sekolah yakni SMA Negeri 2 Tuban dan SMP BAS Tuban ini telah terbentuk sekitar dua tahun yang lalu.

Lahirnya komunitas tersebut berawal dari ekstrakurikuler robotik di SMA Negeri 2 Tuban yang dibimbing oleh Wildan As’adi dan Surya (alumni SMA Negeri 2 Tuban).

“Kalau komunitasnya sendiri baru dua tahun, tapi kalo ekstrakurikuler robotik sudah ada sejak tahun 2010 di SMA Negeri 2 Tuban,” terang Wildan As’adi selaku pembimbing ektrakulikuler Robotik SMA Negeri 2 kepada kabartuban.com, Rabu (18/05/2016).

Wildan menjelaskan bahwa, satu tahun belakangan ini Komunitas Tuban Robotik sedang vakum, namun ekstrakurikuler robotik di SMA Negeri 2 Tuban tetap berusaha untuk terus berkarya dan berprestasi.

“Kami ingin menciptakan beberapa karya seperti alat penyiram tanaman secara otomatis. Itu harapan kami untuk kedepan, namun untuk saat ini belum terlaksana.” jelas Wildan.

Ekstrakurikuler yang ada sejak tahun 2010 dan diikuti oleh siswa kelas X dan XI SMAN 2 Tuban ini telah meraih beberapa prestasi dalam lomba robotik yang digelar oleh berbagai universitas. Pada tahun 2014 lalu, ekstrakulikuler robotik SMA Negeri 2 Tuban berhasil meraih Juara 2 dalam lomba yang diadakan oleh D3 Teknik Elekstro ITS Surabaya dan tahun 2016 ini masuk 5 besar dalam kompetisi yang sama.

“Kami pernah meraih juara 2 di tahun 2014 lalu di ITS dan tahun ini kami masuk lima besar.” kata Wildan.

Untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan siswa dan pemuda Tuban yang tertarik di dunia robotik, pembina ekstrakurikuler robotik juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Pendidkan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Tuban untuk mendukung kegiatan komunitas robotik dengan menggelar seminar atau pameran robotik di Tuban.

“Kami berharap Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tuban menggelar seminar dan pameran robotik dengan mengundang narasumber dari luar Tuban agar pengetahuan dan kemampuan para pecinta robotik di Tuban dapat bertambah,” harap Wildan.

Sementara, Nurhamid, selaku Kepala Bidang SMP, SMA dan SMK Disdikpora Tuban, saat dimintai tanggapan mengenai harapan komunitas Tuban Robotik melalui pesan singkat hingga berita ini di publikasikan belum memberikan tanggapan. (alf/riz)

/