KPUD Tuban, Buka Kotak Suara Pilpres

315

Tuban-20140810-02599kabartuban.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, rencananya, akan membuka ratusan kotak suara, yang digunakan untuk Pemilihan Presiden (Pilpres), pada 9 Juli 2014 kemarin,   guna melihat secara langsung formulir C1.

Mulai pagi hingga sore ini, masih tampak terlihat sejumlah staff KPU, mengeluarkan kotak suara dari gedung logistik Kabupaten Tuban. Minggu (10/8/2014).

Membuka kembali kota suara tersebut, dilakukan KPU Kabupaten Tuban, sesuai dengan keputusan Makamah Konstitusi (MK), pada 7 agustus kemarin, dari 2082 Tempat Pemilihan Suara (TPS), yang ada dikabupaten Tuban, Sebanyak 871 TPS yang direkomendasikan MK, untuk membuka kotak suara, guna melihat  Formulir C1 yang asli.

“Pada tanggal 7 persidangan yang digelar di MK, terkait gugatan yang dilayangkan oleh tim Prabowo – Hatta, disitu MK merekomendasikan dibukanya 871 kotak suara, untuk melihat secara langsung formulir C, yang ada didalam kotak,”  ujar Kasmuri saat ditemu diruangannya.

Lebih lanjut, Kasmuri juga menyampaikan, terkait gugutan yang dilayangkan tim pasangan no urut 1, terkait jumlah hak pilih tidak sesuai dengan jumlah yang digunakan, dan mereka beranggapan ada kejanggalan perihal Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPKTb) dan Data Base Kartu Tanda Penduduk (DBKTP)

“Tuntutan mereka di Tuban ada dua poin, yang pertama terkait jumlah hak pilih dan surat suara yang digunakan tidak sesuai, kedua terkait DPKTb dan DBKTP mereka menilai ada kejanggalan, kami selaku penyelenggara, langsung merespon hal tersebut, untuk memberikan jawaban, terkait gugatan yang dilayangkan oleh tim pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden no urut 1, ” Rencananya pembukaan kotak suara untuk melihat formulir C1 tersebut, akan dilakukan paling lambat dua hari, menginggat banyaknya kotak yang akan dikeluarkan dari gedung logistik kabupaten Tuban.

“Dari jam 10 pagi tadi, hingga petang ini, kotak suara belum keluar semua, kita keluarkan seluruh kotak suara terlebih dahulu, nanti akan kita buka dan melihat langsung formulir C1, apakah sudah sesuai dengan milik KPU dan para saksi, kota suara yang kita buka sebanyak 871 TPS, jumlah tersebut dari semua kecamatan, yang ada dikabupaten Tuban” pungkasnya. (Pul)