Kunjungan Presiden ke Tuban Tak Pasti

447
Presiden dan Ibu Negara saat tiba di juanda (foto : lensaindonesia.com)
Presiden dan Ibu Negara saat tiba di juanda (foto : lensaindonesia.com)
Presiden dan Ibu Negara saat tiba di juanda (foto : lensaindonesia.com)

kabartuban.com – Rencana kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Kabupaten Tuban belum ada kepastian hingga saat ini. Presiden yang sedianya akan mengunjungi dua lokasi di Tuban besok Kamis 13 Maret 2014, hingga saat ini informasi kedatangan Presiden terus berubah, Rabu (12/2/2014).

Kepada wartawan, Kabag Humas dan Media Pemkab Tuban, Teguh Setyobudi menyatakan bahwa rencana kunjungan Presiden SBY yang awalnya di dua lokasi yaitu Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) dan Peternakan Sapi di Kecamatan Bancar Tuban, berubah menjadi hanya satu lokasi. Rencana kunjungan ke PPI dibatalkan dan direncanakan Presiden hanya akan mengunjungi Peternakan Sapi di Desa Sukolilo Kecamatan Bancar, Tuban.

“Kunjungan Presiden ke Tuban ini merupakan salah satu rangkaian kunjungan di Jatim, dan sifatnya hanya Singgah. Lokasi yang akan dikunjungi hanya peternakan sapi, sedangkan PPI batal,” terang Kabag Humas Pemkab Tuban.

Rencana kunjungan Presiden yang menuai protes sejumlah Mahasiswa di Tuban ini membuat beredarnya banyak isu di masyarakat. Sejumlah pihak menilai kunjungan Presiden yang juga menjabat Ketua umum Partai Demokrat tersebut tidak hanya kunjungan kerja kenegaraan, namun juga kunjungan politik jelang Pemilu 9 April 2014 mendatang.

Seorang warga Tuban yang diminta pendapatnya mengatakan, “Menjelang Pemilu seperti ini, Presiden datang ke Jatim dan Tuban, tentunya tidak hanya kunjungan kenegaraan, tapi juga sekaligus safari politik. Dia kan Ketua Partai juga,” tutur Dwi, seorang warga yang ditemui kabartuban.com di sela aksi demo tolak SBY siang tadi.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi yang pasti bahwa Presiden akan benar – benar berkunjung di Tuban besok. Beredar kabar burung bahwa Presiden akan membatalkan kunjungannya di Tuban. Kendati demikian, persiapan penyambutan Presiden oleh sejumlah pihak berwajib terus berlangsung.

Sementara itu, informasi yang dikutip dari detik.com menyebutkan, “Usai menghadiri sejumlah kegiatan di ibukota Provinsi Jatim, SBY dan Ibu Ani akan melanjutkan kunjungannya ke Kabupaten Lamongan dan Tuban. Dari sana kemudian Presiden SBY menuju Jateng dan DIY.

Ikut dalam rombongan Presiden SBY dalam kunjungan kerja ini, antara lain, Mendagri Gamawan Fauzi, Mendikbud M Nuh, Menteri PU Djoko Kirmanto, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Seskab Dipo Alam, dan Wakil Menteri Agama Nazarudin Umar. Sejumlah staf presiden juga ikut dalam rombongan ini.” (im)