Kurma Mulai Ramai di Pasaran

511

kurmakabartuban.com – Dua bulan menjelang Ramadlan, buah kurma mulai menyebar di sejumlah pertokoan di Tuban. Berbagai jenis buah khas timur tengah yang menjadi salah satu keutamamaan puasa ini, dijual dengan berbagai macam paket dan kemasan, Senin (26/5/2014).

Buah kurma merupakan salah satu ikon makanan muslim. Tidak hanya khas, dalam ajaran umat Islam, memakan buah ini juga akan mendapat keutamaan. Hal ini disampaikan dalam beberapa kalimat ajaran junjungan kaum muslimin, yaitu Nabi Muhammad SAW.

Di Indonesia, buah kurma biasanya akan mengalami kenaikan volume kebutuhan dan penjualan pada bulan Romadlan. Oleh karenanya, meskipun masih dua bulan menjelang Ramadlan, berbagai macam buah kurma mulai tampak dijajakan di sejumlah pasar, toko dan pasar modern di Tuban.

Kepada wartawan media ini, salah satu pedagang di pasar, Abdullah mengatakan, “Memang ini sudah mulai persiapan order kurma untuk kebutuhan Ramadlan. Kalau tidak mulai sekarang, nanti kita bisa kehabisan barang dan harganya bisa jadi nggak stabil,” ungkapnya.

Sementara itu, buah kurma juga terlihat rapi pada display sejumlah mini market di Tuban. Saat ditanya tentang penjualannya, salah seorang penjaga mini market mengatakan, “Kurma memang dipersiapkan untuk kebutuhan bulan Ramadlan, tapi meskipun Romadlan belum datang, sudah mulai banyak laku kok mas,” ungkapnya.

Di lain pihak, kendati kurma sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, ternyata banyak masyarakat Tuban yang tidak begitu familier dan enjoy memakan buah kurma. (im)