Laut Tenang, Hasil Tangkapan Ikan Berkurang

370

kabartuban.com – Dalam dua pekan terakhir, pasokan ikan segar di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban menurun. Kondisi itu disebabkan karena berkurangnya hasil tangkapan ikan para nelayan.

Salah seorang pedagang di TPI tersebut, Suprapti (47) mengaku bahwa, pasokan ikan lebih sedikit dari hari biasanya. Banyak pedagang yang kekurangan pasokan ikan segar karena tangkapan ikan para nelayan yang berkurang. “Tidak banyak mas, tangkapan sepi,” ujar Suprapti.

Ia menjelaskan bahwa sepinya tangkapan ikan tidak disebabkan cuaca buruk ataupun ombak besar, namun kondisi laut yang tenang justru membuat ikan lebih sulit didapat dari biasnya.

“Nelayan menyebut ini musim peralihan, lautnya tenang, tapi malah susah dapat ikan,” jelasnya.

Meski pasokan ikan menurun, harga ikan tidak mengalami perubahan karena permintaan konsumen tidak terlalu banyak. Saat ini harga beberapa jenis ikan seperti Tengiri masih berkisar Rp 55.000 – Rp 60.000 per kilogram, Ikan Kakap Rp 55.000 per kilogram, Cumi-cumi Rp 40.000 – Rp 45.000  per kilogram dan Rajungan Rp 75.000 per kilogram.

“Ikan masih murah, nelayan jualnya juga sama. Maklum pembeli juga sepi, itu saja kadang ditawar sama pembeli masih dikasih,” terang Suprapti.

Amat (50) salah satu nelayan di Kelurahan Karangsari saat dikonfirmasi membenarkan bahwa tangkapan ikan beberapa hari ini tidak banyak. Musim peralihan yang terjadi membuat ikan yang berada ditepian sedikit, sehingga nelayan kecil semakin sulit mendapatkan ikan.

“Musim peralihan memang sepi, lautnya tenang ikan jauh ditengah. Nelayan dengan perahu kecil tidak jauh mencari ikanya,” ujar Amat

Ia menambahkan bahwa tangkapan ikan yang diperolenya beberapa hari ini hanya setengah dari biasanya. Jika sebelumnya ia mampu mendapatkan ikan hingga 100 kilogram, saat ini hanya 50-60 kilogram.

“Sekarang paling banya 60 kilogram, kadang tidak sampai segitu, tutup Amat. (lk/riz)

/