Manfaat Jamur dan Cara Mengkonsumsinya

82

kabartuban.com – Jamur yang tumbuh di kayu dan di tanah banyak yang aman dan sehat untuk dikonsumsi, beberapa aman dikonsumsi manusia dan masuk ke ranah kuliner. Namun, sebagian jenis lagi justru menjadi racun jika dikonsumsi sehingga dapat menyebabkan mual, muntah, hingga kematian.

Selain enak dimakan jamur juga memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dalam 80 gram jamur, didapatkan 6 Kcal, 0,8 gram protein, 0,2 gram lemak, 0,2 gram karbohidrat, 0,6 gram serat, 302 gram potasium dan 32 mcg folat. Ukuran 80 gram jamur ini setara dengan 14 buah jamur.

Jamur adalah bahan pangan rendah kalori yang kaya akan nutrisi-nutrisi penting. Inilah sebabnya, jamur memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Berikut manfaat-manfaat jamur untuk kesehatan:

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Mengutip dari WebMD, jamur mengandung potasium dalam level cukup tinggi. Dan potasium adalah properti yang bisa menetralkan sodium dalam darah dan sel. Jadi ketika Anda mengonsumsi jamur, potasium dalam jamur bisa mengurangi tekanan darah sehingga bisa menjaga tekanan darah tetap rendah atau normal.

  1. Sumber vitamin D

Jamur adalah bahan pangan non hewani yang bisa dijadikan sumber vitamin D. Pada masa pertumbuhannya, jamur akan terpapar sinar ultraviolet dari matahari juga cahaya lampu dan membuat jamur meningkatkan kandungan vitamin D-nya. Untuk mendapatkan jumlah vitamin D cukup tinggi, letakkan saja jamur di bawah sinar matahari selama 15 hingga 20 menit. Setelah itu, baru diolah dan dikonsumsi.

  1. Bisa digunakan menangani alzheimer

Beberapa jenis jamur masuk ke ranah medis karena mereka memiliki properti penyembuhan, seperti jamur surai singa dan lingzhi. Kedua jenis jamur ini jarang dikonsumsi utuh, namun diolah menjadi pil suplemen penambah daya tahan tubuh.

Dalam sebuah studi juga dinyatakan bahwa kedua jamur ini bisa digunakan mengatasi gangguan penyakit degeneratif saraf seperti alzheimer.

  1. Menyehatkan jantung

Jamur memiliki senyawa khusus yang berguna menurunkan kadar kolesterol khususnya pada dewasa yang menderita obesitas. Ada juga properti dalam jamur yang berkhasiat mencegah timbulnya penimbunan plak pada pembuluh darah. Ketika pembuluh darah selalu bersih dari plak, maka kondisi jantung pun akan senantiasa sehat.

  1. Mendongkrak sistem imun anti peradangan

Pada jamur sudah terbukti efektif digunakan mendongkrak kekuatan sistem imun tubuh. Dalam sebuah penelitian didapatkan kesimpulan jika jamur bisa memicu makrofaga, sel pada jaringan yang berasal dari darah putih, yang ada pada sistem imun. Makrofaga sendiri bekerja melawan penyakit dan meminimalkan risiko tubuh terkena penyakit serius.

Sumber: Kompas.com