Mendahului Prabowo, Pemkab Tuban Sudah Setahun Beri Makan Gratis

49
Siswa SDN Ronggomulyo

kabartuban.com – Satu langkah lebih maju dari pemerintah pusat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban sudah setahun adakan program makan bersama bagi anak-anak PAUD yang diberi nama Gempita (Gerakan Makan Pagi Bergizi Setiap Hari). Program ini bertujuan untuk mengontrol nafsu makan dan memperbaiki status gizi anak.

Abdul Rakhmat, Kepala Dinas Pendidikan Tuban, menjelaskan bahwa Pemkab memiliki program tambahan berupa pemberian makanan untuk anak-anak PAUD dan TK. Program ini memiliki anggaran yang telah disiapkan oleh pemerintah khusus untuk daerah dengan jumlah anak yang mengalami stunting terbanyak.

“Makannya paling tidak, ya ada sayur, ada protein di sana. Bisa makan bareng-bareng setiap hari,” ujarnya di Kantor Dinas Pendidikan ketika wawancara dengan kami, Kamis (07/03/2024).

Di samping itu, sambut antusias program makan siang dan susu gratis dari pemerintah pusat, Kepala Sekolah SD Negeri Ronggomulyo 1 Tuban, Sumilah berharap program ini akan berdampak terhadap prestasi belajar anak-anak.

Mengenai rencana pengambilan dana yang bersumber dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Sumilah ungkap hal itu tidak menjadi masalah apabila dana yang diberikan oleh pemerintah pada setiap siswa ditingkatkan jumlahnya agar lebih banyak sehingga tidak menggangu perencanaan penggunaan dana yang sebelumnya.

“Kalau ada tambahan kegiatan, ya harusnya ada tambahan anggaran,” kata Sumilah. (za/zum)

/