Menengok Sendang Pemandian Sang Lanjar Maibit

4248

kabartuban.com – Wahana wisata sendang maibit yang terletak di Desa Maibit, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, hingga saat ini masih menjadi bagian dari sederet destinasi wisata alam di Tuban. Pada waktu liburan tahun baru 2016 ini, sendang Maibit nampak dipenuhi pengunjung yang datang dari berbagai daerah.

Nama Sendang Maibit, telah dikenal masyarakat luas. Bukan hanya menjadi salah satu destinasi wisata alam di Tuban, namun sendang tersebut menyimpan kisah klasik yang melegenda dan mampu menjadi daya tarik para pengunjung.

Dari berbagai sumber menerangkan, konon dulu di Desa Maibit hiduplah seorang perempuan cantik bernama Sri Penganti, atau yang biasa disebut Lanjar Maibit (lanjar yang artinya orang yang pernah menikah dan berstatus janda, tapi belum pernah disentuh dan berhubungan badan dengan suaminya).

Keindahan, kecantikan, dan kesantunan budi pekerti sang Lanjar Maibit menarik hati banyak lelaki. Banyak pemuda yang jatuh hati dan bertekuk cinta di hadapan sang putri Maibit tersebut. Mereka pun berlomba – lomba untuk mendapatkan hatinya, dan sendang Maibit ikut menjadi cukup dikenal karena menjadi tempat pemandian dari Sang lanjar Maibit.

Sendang Maibit yang selama ini dikenal sebagai bumi perkemahan, memang cukup berpotensi menjadi daerah wisata alam. Selain tempatnya yang indah dengan sumber air yang jernih, lokasi tersebut juga tidak terlalu jauh jika diakses dari jalan utama Rengel menuju  Bojonegoro.

Dari pantauan Kabartuban.com di lokasi, sejumlah pengunjung baik dari warga setempat maupun dari luar daerah sedang menikmati hari liburnya untuk berenang dan menikmati makanan yang dijajakan di daerah sendang.

Arif, salah seorang pengunjung dari Bojonegoro juga telah asyik menikmati liburannya bersama keluarga, dengan menikmati makan siang di bawah pohon nan rindang. “Tempatnya sejuk, jadi enak kalau dibuat liburan atau piknik bersama keluarga,” ucap Arif kepada wartawan media ini, Sabtu (02/01/2015).

“Saya sudah dua kali datang ke sendang ini, tapi sebelumnya nggak sama keluarga. Kalau bersama dengan keluarga, ini baru pertama kalinya. Sebenarnya ini mau liburan ke Semarang, tapi mampir kesini dulu,” tuturnya.

Sementara itu, anak-anak kecil tampak asyik berenang menikmati beningnya air sumber nan tenang. Tempat yang diyakini sebagai pemandian Sri Pangenti, perawan cantik  yang menjadi bagian dari legenda sendang Maibit. (har/riz)

/