Menteri Agama Buka Aksioma 2015 Di Tuban

561

menteri lukmankabartuban.c om – Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) 2015 digelar di Kabupaten Tuban. Ribuan pelajar dan pengajar madrasah tingkat aliyah dari 38 Kabupaten / Kota di Jawa Timur berkumpul di alun – alun Tuban untuk mengikuti pembukaan Aksioma 2015 yang langsung dipimpin oleh Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Syaifudin, Jum’at (8/5/2015).

Dalam sambutannya, Menteri Agama Lukman Hakim, atas nama pribadi dan pemerintah memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Diharapkan, dengan diselenggarakannya Aksioma tersebut dapat memicu kreatifitas, bakat, dan minat siswa.

”Dengan diselenggarakannya kegiatan ini kita berharap Madrasah tidak hanya mencetak ahli agama dan sains, tapi juga dapat memunculkan atlit berbakat dari dan para seniman yang berbasis madrsah,” ungkapnya.

Lebih lanjut Menteri Lukman juga menyatakan, “Dengan kegiatan ini kita tidak hanya memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat, akan tetapi juga memasyarakatkan madrasah dan memadrasahkan masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Timur, Makhfud Sodar, dalam laporannya mengatakan, bahwa Aksioma ini dihelat oleh Musyawarah Kerja Kepala (MKK) MAN se- Jatim. Selain itu resmi diikuti 38 Kabupaten/kota se- Jawa Timur. Dan melibatkan sekitar 2.028 peserta dan didampingi 766 Guru sebagai Official.

”Semoga selama kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan. Selain itu, untuk para atlit atau peserta bisa bertanding secara sportifitas dan jujur. Dan untuk para hakim atau juri bisa melakukan penilaian seadil-adilnya,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Agama juga didampingi Bupati Tuban Fathul Huda, Wakil Bupati Tuban Ir. Noor Nahar, Ketua DPRD Tuban Miyadi, dan sejumlah SKPD.

Selanjutnya, lokasi kegiatan Aksioma ke – 9 ini dipecah menjadi dua tempat yaitu bidang kegiatan lomba Seni ditempatkan di Kecamatan Rengel, sementara cabang Olah Raga terpusat di Tuban. Adapun Juri kegiatan lomba untuk bidang Seni diambilkan dari UIN Malang, sementara cabang Olah raga di ambilkan dari KONI Tuban dan masing-masing cabang lomba diambil Juara 1,2,3 dan Harapan, serta Juara Umum.

Selain  kegiatan lomba, kegiatan Aksioma ini juga diramaikan dengan Bazar yang diikuti oleh satuan Kerja di Wilayah Korwil Bojonegoro dan pada hari Sabtu jam 09.00 WIB diiisi kegiatan  Pawai Ta’aruf, kemudian dilanjutkan pada Minggu jam 07.30 dilanjutkan Festival Band se-Jatim dan di hari Senin jam 19.00 WIB diramaikan dengan pagelaran musik yang  dihadiri oleh Koes Plus dari Jakarta.

Dari serangkaian kegiatan diatas akhirnya acara berakhir pada  Tanggal 11 Mei 2015 pukul 14.00 sampai selesai dengan ditandai upacara Penutupan, sekaligus penyerahan piala bagi pemenang  lomba Aksioma. Rrencananya, penutupan akan langsung dipimpin oleh Bupati Tuban H Fatchul Huda. (im)