Musabaqoh Syahril Qur’an Menggali Potensi Pelajar

558

FOTO PESERTA MSQkabartuban.com – Musabaqoh Syahril Qur’an (MSQ), sengaja digelar oleh pengurus takmir Masjid Agung Kabupaten Tuban, dengan tujuan untuk mencari bibit tingkat pelajar untuk  qori’ dan qoriah yang bisa tembus level nasional, Rabu, (30/10/2013).

Ashabul yamin, selaku Seksi Tarbiyah Ta’mir Masjid Agung Kabupaten Tuban, menyatakan. Tujuan di gelarnya kegiatan MSQ ini, merupakan langkah  untuk mempersiapkan kaum muslimin dan muslimat khususnya pada generasi muda yang gemar membaca, memahami, dan mengamalkan isi Al qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan tidak hanya itu, generasi muda juga harus menjadi generasi qur’an yang bisa menyeimbangkan dan mewujudkan ketentraman umat.  “ kami mencoba memfasilitasi para generasi muda, agar bisa terakomodir dan bisa mencetak para qori’ dan qoriah yang bisa menembus level nasional,” ujar Ashabul Yamin.

Menurutnya, di era globalisasi seperti ini, generasi muda di Kabupaten Tuban, kedepannya setidaknya dapat menjiwai  isi dari al qur’an untuk kehidupan sehari hari dengan keihlasan yang semata mata hanya untuk Allah SWT.

“Harapan kami acara MSQ ini bisa mencetak dan menumbuhkembangkan generasi muda untuk mengenal, gemar membaca, memahami serta mengamlkan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari,”tambahnya.

Digelarnya Musabaqoh Syahril Qur’an (MSQ), dalam rangka ulang tahun masjid agung Kabupaten Tuban yang ke 119 dan menyongsong tahun baru hijriyah ke 1435 ini, setidaknya menjadi ingatan tersendiri khususnya bagi para peserta MSQ yang dapat berpartisipasi.

Misbah misalnya, peserta asal madarasyah aliyah Hasimiyah (MA Hasimiyah), Kecamatan Bancar ini, mengaku bangga telah mengikuti MSQ di masjid agung. Selain berharap menang, MSQ agar di meriahkan lagi kedepannya. Karena menurutnya sangat memberikan wadah tersendiri di kalangan pelajar.

“ MSQ ini di masjid agung ini diharapkan lebih meriah lagi untuk tahun depan, karena wadah tersendiri khusus para pelajar,” harap Misbah bersama teman temannya. (af)