NU, Muhamadiyah Dan Umat Tionghoa, Dukung Program GEMA TUMASKIN Pemkab Tuban

400
Bupati Sapa Warga Miskin dan anak kurang mampu (3)kabartuban.com – Langkah dan upaya pemerintah kabupaten (Pemkab) Tuban dalam melakukan pengentasan kemiskinan di Bumi Wali melalui program “GEMA TUMASKIN” mendapat respon positif dari berbagai kalangan, baik organisasi keagamanan seperti Nahdalatul Ulama (NU), Muhamadiyah (MD), TITD Kwan Sing Bio bahkan sejumlah pimpinan perusahan yang berada di Tuban.
Seperti yang disampikan oleh Bupati Tuban, H. Fathul Huda bahwa dalam upaya pengentasan kemiskinan, hanya bisa dilakukan secara bersama-sama dan melibatkan berbagai kalangan juga kompenen serta lapisan masyarakat. Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) atau pemerintah tidak bisa secara maksimal menjalankan program tersebut, tanpa dukungan dari berbagai stakeholder.
“Prinsipnya, tidak ada lembaga yang bisa menyelesaikankan masalah-nya sendir tanpa melibatkan yang lain, lembaga apapun. Oleh karena itu jangan mengambil hak-hak orang lain kalau kita tidak bisa memberikan. Oleh karena itu pemerintah bersama semua komponen terutama CSR dari perusahaan-perusahan akan kita arahkan pada masyarakat miskin yang berhak menerima hak-nya” Kata Bupati Tuban.
Respon positif dan dukungan tersebut diantaranya datang dari Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kabupaten Tuban. Ketua Tanfidiyah NU Cabang Tuban H. Musta’in Syukur ini mendukung penuh program dari pemerintah kabupaten Tuban, karena menurut-nya membantu sesama atau meringankan beban pada orang tidak mampu merupakan anjuran didalam agama.
“Kami mendukung penuh program pemkab ini, dan secara kelembagaan kita sudah mengintruksikan pada pimpinan anak cabang (MWC) hingga pimpinan ranting (PR) untuk ikut mensukseskan program yang sangat bagus ini. Oleh karena itu, agar program ini cepat tersebar, pemerintah bisa mengunakan media (Pers.red) yang dimiliki atau bekerjasama media swasata” Himbau KH. Mustain Syukur Ketua Tanfidiyah PC NU Kabupaten Tuban.
Tidak jauh berbeda dengan yang disampikan PC NU, Pimpinan Daerah (PD) Muhamdiyah Kabupaten Tuban Drs. Mambaul Musofa, dimana ia baik secara pribadi sebagai tokoh masyarakat atau organisasi mendukung dan akan ikut mengsukseskan program GEMA TUMASKIN yang dicanangkan pemerintahan H. Fathul Huda dan Ir.H.Noor Nahar Hussein. M.Si (HUDANOOR).
“Melalui kerjasama yang bagus, antara pemerintah dan Ormas Keagamaan akan menjadikan program ini semakin maksimal dan tepat sasran, terutama diawali dengan memebrikan beasiswa pada anak didik dari keluaraga kurang mampu yang telah dilakukan Pemkab” Terang Ketua harian PD Mudamadiyah Kabupaten Tuban.
Sementyara itu, terkait dengan hal ini, Gunawan Putra Wirawan Ketua Harian Tempat Ibadah Tri Darma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban juga menghimbau pada umat Tionghoa dikabupaten Tuban yang sebagian besar umat-nya berprofesi sebagai pengusaha untuk membantu masyarakat miskin di kabupaten Tuban.
“Saya sangat bangga dan sebagai Ketua TITD Kwan Sing Bio akan mendukung penuh program Pemkab Tuban ini, yakni membantu masyarakat kurang mampu, kami juga meminta pada pemerintah untuk trasparan dalam pengelolaan bantuan yang diperuntukan untuk warga kurang mampu ini” Harap Ketua TITD Kwan Sing Bio. (kh)