Pantai Kute Tuban, Jadi Pilihan Ngabuburit

517
kute tuban
seorang anak kecil bermain dan berlarian di pantai

kabartuban.com – Banyak tempat di kota Tuban yang menjadi pilihan untuk melepaskan waktu, menunggu datangnya berbuka puasa. Aktifitas yang oleh kaum muda disebut Ngabuburit tersebut, juga banyak dilakukan di sejumlah pantai di Tuban.

Salah satunya adalah pantai yang berada di sebelah barat Terminal Tuban. Pantai dengan pasir putih yang juga banyak disebut Pantai Kute (Pantai Kulone Terminal) tersebut, ramai dikunjungi masyarakat, yang banyak didominasi kaum muda.

Berdasarkan pantauan wartawan media ini, warga masyarakat berkunjung ke Pantai Kute sejak siang hari, selepas dhuhur. Di pantai tersebut mereka bermain pasir putih dan ombak – ombak kecil yang bersemburan. Tidak hanya muda -mudi, anak – anak kecil juga terlihat bermain mengejar ombak pantai, ditemani orang tuanya yang sesekali melempar jepretan kamera.

Salah seorang pengunjung, Joko mengatakan, “Meskipun tidak sebagus di Pantai Kute Bali, bermain di sini boleh juga mas. Apalagi untuk ngabuburit seperti ini, bisa lupa waktu dan maghrib seolah tiba dengan cepat,” ujarnya, saat ditemui kabartuban.com, selasa (8/7/2014).

Di atu sisi, seorang gadis muda yang sedang menghabiskan waktu sore bersama teman – temannya, Silvi mengatakan bahwa dia dan teman – temannya memang sengaja janjian untuk ngabuburit di “Pantai Kute”, dan kemudian akan dilanjutkan dengan acara buka puasa bersama.

Sementara itu, lapak pedagang makanan dan minuman tampak berderet di sepanjang bawah pohon pantai. Sangat disayangkan sekali, hari yang baru ditandai kumandang adzan ashar, banyak terlihat muda – mudi yang dengan enaknya menikmati bakso dan makanan yang lain. Di warung lain, terlihat sekumpulan pemuda yang bercanda tawa sambil menikmati kopi, jajanan, dan seolah tak perduli dengan bulan puasa.

Kepada wartawan media ini, pemuda yang tidak mau disebutkan namanya megatakan, “Kalau soal agama, kami semua Islam. Tapi kalau soal puasa, nanti dululah mas. Mungkin nantilah,” ucapnya, sembari tersenyum lebar disusul menghisap rokok yang terapit di kedua jarinya.

Pantai yang terbentang di sebelah barat Pantura Tuban tersebut mulai ramai beberapa tahun terakhir. Pada bulan ramadlan kali ini, wisata pantai di Tuban banyak menjadi pilihan untuk ngabuburit. (im/riz)