Pasar Kopi Mak’e Merambah Luar Provinsi

972

kabartuban.com – Sejumlah Usaha Kecil Menengah (UKM) binaan PT Semen Indonesia mulai banyak yang berkembang. Salah satunya adalah produk kopi Cap Cinta Mak’e yang semakin eksis dan merambah pasar luar kota.

Pemilik usaha kopi cap Mak’e, Agus Wibowo mengatakan, dirinya sangat terbantu dengan adanya program kemitraan dengan PT Semen Indonesia. Melalui program kemitraan tersebut, Kopi Mak’e juga telah mampu merambah pasar yang lebih luas.

“Alhamdulilillah, sampai saat ini kami masih menjadi mitra PT Semen Indonesia, dan sangat terbantu dengan program pemberdayaan itu,” kata Agus.

Menurutnya, sampai saat ini dirinya telah memiliki sedikitnya 18 item produk kopi yang sudah dipasarkan. Setidaknya ada empat tipe kopi yang menjadi andalan, yakni kopi Arabika, kopi Robusta, Bland Robusta Arabika serta kopi lanang.

Hingga saat ini, produk kopi tersebut juga telah dikenal masyarakat di sejumlah wilayah Kabupaten di Jawa Timur, dan  saat ini mulai merambah pemasaran hingga Jawa Tengah diantaranya, Rembang, Blora, Purwodadi dan Kudus.

Diakui Agus, keberadaan Kemitraan Semen Indonesia dan program kemitraannya sangat bermanfaat bagi usaha kecil dan industri menengah miliknya. “Selain pinjaman kredit lunak untuk modal usaha, berbagai kegiatan pameran sebagai ajang promosi juga dilakukan Semen Indonesia untuk mitranya, ini cukup bermanfaat bagi penunjang pemasaran kami,” papar  Agus.

Agus berharap, PT Semen Indonesia sebagai bagian dari masyarakat di Kabupaten Tuban lebih inten melakukan kegiatan dan kegiatan promosi, seperti pameran, terutama dalam skala yang lebih luas atau di luar Tuban. (im/riz)

/