Pasokan Daging Sapi Tuban Mencukupi

365

kabartuban.com – Di tengah kemelut melambung dan langkanya harga daging sapi akibat kebijakan pembatasan impor, Bidang Perdagangan Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) Kabupaten Tuban memastikan pasokan daging sapi di Tuban masih mencukupi kebutuhan lokal, Rabu (12/8/2015).

Tidak seperti sejumlah daerah, dimana stok daging sapi mengalami penurunan drastis dan hampir langka. Peternak lokal di Tuban dipastikan masih mampu mencukupi demand (permitaan). Namun, akibat tidak seimbangnya demand dan supply (penawaran), maka kenaikan harga daging sapi tidak bisa dihindari.  

“Tuban sendiri, pasokan dari peternak lokal masih mencukupi, hanya saja masih belum sepenuhnya menutupi kebutuhan pasar. Hal ini yang kemudian menyebabkan supply dan demand tidak seimbang,” kata Kabid Perdagangan, Disperpar Kabupaten Tuban, Bismo Aji.

Meski sejauh ini pasokan di pasar Kabupaten Tuban masih normal atau belum ada masalah,  kebijakan impor juga sedikit banyak berpengaruh dengan jumlah sapi di dalam daerah.

Baca juga : Harga daging sapi Tuban, kisaran 110 ribu

“Masalah daging sudah menjadi masalah nasional, salah satu penyebabnya adalah kebijakan pembatasan impor sapi sehingga harga dalam negeri mengalami kenaikan, tapi di ” terangnya.

Bismo menegaskan, untuk di Tuban, pasokan dari peternak lokal masih mencukupi, hanya saja suplai masih belum sepenuhnya menutupi kebutuhan pasar. (af/im)