Pedagang Haul Sunan Bonang Mulai Berdatangan

515

pedaganghaulkabartuban.com – Menjelang acara Haul Sunan Bonang, alun – alun kota Tuban mulai dipadati pedagang dari beberapa daerah. Tidak hanya dari Tuban, mereka juga banyak yang datang dari luar kota, khusus untuk berdagang di acara Haul Sunan Bonang. Meski rangkaian acara inti Haul baru akan dimulai besok, hari ini para pedagang sudah mulai mencari tempat berjualan. Bahkan sudah ada yang mendirikan tenda – tenda standnya di alun – alun kota, Selasa (3/12/2013).

Sesuai agenda kegiatan Haul Sunan Bonang, tanggal 4 Desember besok kegiatan akan dimulai Tahtimul Qur’an pada pagi harinya. Kemudian pada malam harinya akan diselenggerakan pagelaran Hadrah Ishari se – Jawa Timur. Kemudian pada hari puncak acara Haul tanggal 5 Desember 2013, kegiatan akan dimulai dengan kegiatan Khitanan Masal, Tahlil Akbar, dan malam harinya acara puncak Pengajian Umum.

Rangkaian kegiatan tahunan tersebut cukup menarik banyak pengunjung di kota Tuban. Karena itulah, para pedagang dari sejumlah daerah ikut datang untuk mengais rejeki dari berkumpulnya banyak orang.

Seorang pedagang dari Jawa Tengah, Rasmi mengatakan, “Kami sudah hampir lima tahun jualan di setiap acara Haul Sunan Bonang ini mas. Makanya kami datang lebih awal supaya tidak kehabisan tempat jualan.”

Hujan yang mulai mengguyur kota Tuban beberapa hari terakhir ini cukup membuat khawatir sejumlah pedagang. “Semoga tidak hujan pada saat acara mas, tentunya hasil dagangan kita juga berbeda kalau hujan dan tidak hujan,” tutur Sukardi seorang pedagang yang sedang menyiapkan stand di area alun – alun kota. (im)