Pelantikan Dan Pengukuhan HNSI Tuban

1150

kabartuban.com – Rabu (25/4) di gedung Graha Sandiya Tuban, Dewan Pengurus Cabang (DPC) Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Tuban dilantik. Pada acara pelantikan dan pengukuhan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Noor Nahar.

Drs. H. Matrawi, M.Si  selaku Ketua DPC HNSI dilantik oleh perwakilan dari DPD HNSI Provinsi Jawa Timur, yang kemudian Matrawi beserta pengurus lainnya dikukuhkan oleh Wakil Bupati Noor Nahar. Ucapan selamat juga disampaikan dari segenap FORPIMDA (Forum Pimpinan Daerah).

Acara yang dimulai sejak pagi itu diselingi dengan penampilan tarian dari kelompok binaan Dinas Perekonomian dan Pariwisata Kabupaten Tuban. Setelahnya, sambutan disampaikan oleh H.Matrawi selaku Ketua DPC HNSI Tuban terpilih.

Dalam sambutannya, Matrawi menyampaikan bahwa wilayah Kabupaten Tuban yang memiliki wilayah pantai pesisir begitu luas, nelayan masih memiliki banyak sekali hambatan dalam berbagai hal. Diharapkan dengan adanya HNSI, nelayan bisa mendapatkan manfaat yang lebih. Dalam kesempatan itu Matrawi juga menegaskan pentingnya untuk menata ulang Koperasi Nelayan di Tuban.

Sedangkan perwakilan HNSI Jawa Timur dalam sambutannya mengatakan,”Keberadaan HNSI harus bisa memberikan manfaat yang lebih bagi nelayan, dan mampu untuk sinergi dalam pelaksanaan program dengan pemerintah (Dinas Kelautan dan Perikanan)”.”HNSI Tuban harus mampu menyerap aspirasi dari masyarakat nelayan sehingga bisa dibawa ke depan”, tambahnya.

Sambutan juga disampaikan oleh Wakil Bupati Tuban Noor Nahar, Bupati Tuban Fathul Huda yang dijadwalkan hadir urung datang. H. Noor Nahar sebagai wakil bupati Tuban berharap HNSI bisa ikut serta dalam meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat Nelayan. Termasuk disampaikan oleh Wabup adalah pentingnya konsumsi produk – produk ikan bagi anak – anak.

Lebih lanjut Wakil Bupati mengatakan, “HNSI harus bisa memberi penguatan terhadap perekonomian nelayan”. “Teknologi atau alat yang dibutuhkan oleh nelayan harus dikembangkan”, ungkap Wabup.

Acara pagi ini dihadiri kurang lebih 300 orang. Termasuk hadir dalam acara tersebut adalah Ketua DPRD, Ketua Komisi A, Forpimda, Ketua Forikan, dan Dinas terkait.

Di dalam Surat Keputusan DPD HNSI Jawa Timur Nomor : Kep 16 / DPD – HNSI JATIM / XII / 2011 menyebutkan, pengurus inti dari DPC HNSI Tuban masa bhakti 2011 – 2016 adalah sebagai berikut ;

Ketua : Drs. H. Matrawi, M.Si, Wakil Ketua : H.Ruswanto, S.Pi, M.Pd, H.Faizol Rozi, Ali Imron Bagio, SH, M.Hum, Drs.Kusno. Sekretaris : M. Muslih, S.H, Wakil Sekretaris : Muntaha, Rohmad, Bendahara : H.Sukiran, Wakil Bendahara : Hartono, Dwi Suharjono, S.E

Setelah pelantikan dan beberapa sambutan, acara dilanjutkan dengan rapat kerja yang dipimpin langsung oleh Ketua HNSI terpilih, H.Matrawi. (iim)