Pemerintah Berusaha Tingkatkan SDM Naker Tuban

kabartuban.com – Munculnya berbagai macam raksasa industri di Tuban memberikan secercah harapan kepada masyarakat setempat, untuk dapat ikut serta dalam pergerakan ekonomi nasional yang ada di Tuban. Namun harapan untuk mendapatkan posisi pekerjaan lebih baik tersebut harus menemui sejumlah kendala, pasalnya banyak kalangan industri yang menilai bahwa Sumber Daya Manusia tenaga kerja putra daerah belum memenuhi standart.

Sadar akan banyaknya tantangan ketenagakerjaan ke depan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban sejak 2014 yang lalu sudah meluncurkan sejumlah program peningkatan kwalitas SDM tenaga kerja di Tuban, baik melalui APBD maupun dana dari sejumlah perusahaan yang ada di Tuban.

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, Nurjanah menyatakan, “Tuban sudah memprogramkan, pada 2014 kita sudah melatih 60 orang di bidang konstruksi, dimana dana pelatihan tersebut diambil dari pajak rokok,” ungkap Nurjanah, saat dikonfirmasi wartawan media ini.

Lebih lanjut, Nurjanah mengatakan, Semua pekerja yang diakui skill-nya nanti harus punya sertifikasi khusus. Sedangkan untuk mendapatkan sertifikat itu harus melalui pelatihan, dan realisaasinya, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Tuban sudah bekerjasama dengan sejumlah perusahaan yang ada di Tuban, dalam pendanaannya.

Sementara itu, menanggapi pernyataan Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Husein terkait peluang tenaga kerja di  PT. Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI), dimana Wabup meminta 80% kebutuhan tenaga kerja di perusahaan tersebut mengutamakan tenaga kerja lokal, banyak pihak meragukan.

Baca Juga : Noor Nahar Minta Tenaga Kerja TPPI 80 Persen Warga Tuban

“Nggak mungkinlah yang disampaikan Wabup itu. Kita harus menyadari kondisi SDM tenaga kerja di Tuban, kalau untuk perusahaan sekelas TPPI minta 80% tenaga lokal itu ya nggak mungkin,” kata Kosmen, aktivis Serikat Pekerja Nasional (SPN) yang juga merupakan politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) tersebut.

Sampai hari ini, Rabu (18/11/2015), TPPI yang sudah beroperasi 70 persen tersebut masih terus melakukan rekrutmen tenaga kerja. Rencananya, jika TPPI telah beroperasi 100 persen, maka kebutuhan tenaga ketrja akan mencapai 1.500 tenaga orang. (im/riz)

Populer Minggu Ini

Sistem Manajemen Pengawasan Keamanan Pangan Segar Pemkab Tuban Raih Predikat A

kabartuban.com -- Dalam acara peringatan Hari Pangan Sedunia ke-44...

Pria Paruh Baya Asal Jenu Gantung Diri Diduga Akibat Lama Sakit Keras

kabartuban.com -- Seorang pria asal Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban,...

HUT Persatu ke-49, Ultras Kecam Jangan Ada Tendensi Politik

kabartuban.com -- Ratusan Anggota Ultras Persatu Tuban merayakan peringatan...

Komisi IV DPRD Tuban Akan Jembatani Aspirasi Guru Swasta ke Menpan-RB

kabartuban.com -- Setelah melakukan aksi damai di depan kantor...

Polres Tuban Berhasil Ringkus Dua Anggota Gangster Yang Sempat Resahkan Warga

kabartuban.com -- Masyarakat Kabupaten Tuban sempat diresahkan dengan adanya...
spot_img

Artikel Terkait