Pemkab Segera Buka Pendaftaran CPNS

395

surantokabartuban.com – Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Tuban meningkat kuotanya dibandingkan dengan penerimaan CPNS sebelumnya. Jika pada tahun sebelumnya kuotanya 40 orang, maka pada tahun ini kuota yang ada untuk penerimaan CPNS sebanyak 52 orang.

Dari data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tuban, kuota tersebut tidak hanya untuk kategori guru seperti pada sebelumnya, namun dari berbagai unsur juga mengalami peningkatan.

“Kategori umum tahun ini lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang hanya 40. Dan tahun ini ada berbagai unsur, seperti kesehatan, admin dan sebagainya, kalau sebelumnya hanya guru,” ujar Kabid Pengembangan dan Diklat Pegawai, BKD Tuban, Suranto Basuki.

Lebih lanjut Suranto menjelaskan bahwa kuota penerimaan pegawai sebanyak 52 yang diterima Kabupaten Tuban tersebut sebenarnya masih sangat rendah dari kebutuhan pegawai di Tuban, jika dibandingkan dengan angka pensiun pertahun. “Namun keputusan penerimaan CPNS adalah keputusan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) Republik Indonesia,  sehingga jumlah yang diajukan pemerintah hanya disetujui sebanyak itu,” ungkapnya.

“Dari  tahun 2013 hingga sekarang saja, jumlah pegawai pensiun mencapai kurang lebih 500 pegawai, pemerintah sebenarnya juga mengajukan sesuai kebutuhan itu, namun realisasinya itu saja,” Jelas Suranto lebih detail.

Informasi dari BKD Kabupaten Tuban juga menyebutkan bahwa minimnya kuota CPNS dibandingkan kebutuhan PNS yang ada, juga dikarenakan belanja pegawai daerah Tuban yang cukup tinggi, sehingga kuota penerimaan juga disesuaikan oleh Kemenpan. ”Minimnya kuota diprediksi masih tingginya belanja daerah, makanya jumlahnya juga disesuaikan,” tandas Suranto.

Sementara itu, terkait waktu pendaftaran CPNS, pihak BKD hingga hari ini belum dapat memastikan, karena masih dikordinasikan dengan pihak terkait. Kendati demikian, BKD menyatakan bahwa pendaftaran akan dilaksanakan dalam bulan Juli ini. (im)