Pemkab Tuban Kembali Cairkan Bantuan PKH Nopember Mendatang

574

kabartuban.com – Mulai pertengahan November mendatang, Program Keluarga Harapan (PKH) untuk keluarga miskin, dikabupaten Tuban akan dicairkan kembali. Program tersebut diharapkan bisa membantu meringankan beban kebutuhan masyarakat miskin yang ada di Kabupaten Tuban.

“Saat ini Tuban ada 20.883 keluarga penerima manfaat bantuan dari kementerian soaialo,”terang Kabid Bantuan Pemberdayaan dan Organisasi Sosial, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Tuban, Abdul Latif, kepada kabartuban.com, Selasa (18/10/2016).

Masih terang Abdul Latif, Jumlah tersebut tidak serta merta menjadi penerima karena masih akan dilakukan validasi oleh para pendamping PKH, dan di Tahun 2016 ini, ada 52 pendamping baru dan  sudah siap diterjunkan kelapangan.

“Sebelumnya juga sudah ada sekitar 112 pendamping yang mendampingi program ini” paparnya.

Dikatakan oleh Abdul Latif, ketentuan peserta PKH yakni keluarga miskin yang sudah lanjut usia 70 tahun keatas, keluarga miskin yang memiliki anak usia Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Serta keluarga miskin yang didalamnya terdapat ibu yang masih hamil atau yang memiliki anak dibawah 6 tahun.

“Selain itu juga mereka dengan kategori disabilitas berat atau yang dalam aktivitasnya sangat bergantung dengan orang lain,” lanjutnya.

Abdul Latif melanjutkan, Sebagaimana SK Menteri Sosial Nomor 23/HUK/2016,  jumlah bantuan per anggota PKH yakni untuk bantuan ibu hamil dan anak usia dibawah enam tahun sebesar Rp1.200.000, bantuan peserta pendidikan SD sederajat sebesar Rp450.000, bantuan peserta pendidikan SMP sederajat sebesar Rp750.000, bantuan peserta didik SMA sederajat sebesar Rp1.000.000. Serta bantuan untuk lansia sebesar Rp1.900.000 dan Disabilitas berat sebanyak Rp3.100.000.

“Dana ini akan diberikan secara bertahap empatkali selama satu tahun,” ungkapnya.

Latif memastikan untuk tahun 2016 ini jumlah penerima bantuannya jauh lebih banyak dari tahun tahun sebelumnya, mengingat calon penerima cukup banyak, namun untuk detailnya di Kabupaten Tuban belum bisa dipastikan mengingat untuk calon penerima masih dalam proses validasi. (lk/har)

/