Pemkab Tuban “Mendongeng” Saat Pandemi Masih Tinggi

kabartuban.com – Dalam situasi pandemi Covid-19 yang masih tinggi, kasus positif Virus Corona terus meningkat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) melakukan inovasi mendongeng secara virtual. Kegiatan dongeng online tersebut memanfaatkan platform yang sudah ada, yaitu melalui chanel youtube dan instagram dan bekerjasama dengan para pendongeng Tuban.

Inovasi program yang diluncurkan dalam situasi pandemi Covid-19 ini ditujukan kepada anak usia dini di Kabupaten Tuban untuk mendapatkan layanan ilmu dan pengetahuan secara daring. Dispersip menggandeng Komunitas Pendongeng Tuban dengan berbagai fasilitas yang disediakan oleh Dispersip Kabupaten Tuban.

“Dongeng online ini kita prioritaskan bagi anak-anak yang belum bisa membaca, sehingga harapannya melalui dongeng online tersebut, mereka bisa memahami dan tetap terus belajar meski saat pandemi,” tutur Susi Sulastri, Kabid Perpustakaan Dispersip Tuban sebagaimana dilansir Media Centre Tuban.

Lebih lanjut Susi menyampaikan, dongeng online ini telah dilaksanakan sejak Oktober 2020 dengan kegiatan 3 kali dalam sebulan. Durasi mendongeng variatif, kisaran 10 hingga 20 menit.

Sementara itu, berdasarkan penelusuran kabartuban.com di kanal youtube, kegiatan dongeng online Dispersip Tuban tersebut diunggah pada akun youtube dispersip tuban. Akun tersebut tercatat memiliki 93 subcriber dan telah mengunggah 122 Video sejak dibuat pada 20 Juni 2017.

Pada Play List Bidang Perpustakaan terdapat 81 Video, sebagian diantaranya adalah Video Dongeng Online. Penonton Dongeng Online beragam, mulai yang terkecil Video berjudul “Cum Cum Si Pemaaf, bersama Kak Iryne” yang diunggah 4 bulan lalu dan hanya dilihat oleh 2 penonton, dan yang paling banyak penontonnya adalah Video berjudul “Kepiting dan Kura – kura Tersesat, bersama Kak Wati” yang diunggah 5 bulan lalu dan dilihat oleh 129 penonton. Penulusuran ini per hari ini pukul 11.00 WIB, Jum’at (09/04/2021).

Meskipun dalam siaran pers Media Centre Tuban pihak Perpustakaan mengklaim bahwa Dongen Online tersebut telah menginspirasi Kabupaten lain untuk melakukan hal yang sama, namun jika kita lihat data pada akun youtube nya, belum banyak yang melihat konten program mendongeng dari Pemerintah Kabupaten Tuban tersebut. (im/dil).

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker