Pemkab Tuban Siapkan Dana Bencana 9 Miliar

535

kabartuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menyiapkan anggaran tanggap darurat, pencegahan dan penanggulangan bencana sebesar 9 miliar untuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban. Anggaran tersebut akan digunakan untuk siaga dan tanggap bencana dalam satu tahun mendatang.

“Jumlah anggaran sekitar 9 miliar, dana akan digunakan untuk tanggap darurat bencana,” terang Joko Ludiono, selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, kepada kabartuban.com, Sabtu (15/10/2016).

Joko menjelaskan, jumlah anggaran tersebut belum pasti dan dapat berubah sewaktu-waktu. Karena ketika anggaran tersebut ternyata kurang dalam perjalanan penanggulangan bencana, nantinya akan ditambah dana lain dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Semoga saja cukup, tetapi jika nantinya kurang, maka akan di-backup dana dari Pemerintah Provinsi, selain itu ada juga dana siap pakai dari Pemerintah Pusat,” jelas Joko.

Lebih lanjut, Joko mengatakan BPBD Tuban tidak akan sembarangan dalam penggunaan anggaran tersebut. Karena pemerintah daerah bisa menggandeng perusahaan-perusahan yang ada, untuk berpartisipasi dalam penanggulangan bencana.

“Dana tanggap darurat bencana itu bisa digunakan untuk sembako korban bencana, peralatan bencana dan sebagainya. Kami juga bisa menggandeng perusahaan dalam penanggulangan bencana,” lanjutnya.

Selain itu, guna meminimalisir dampak bencana dan mengetahui potensi bencana, BPBD Tuban terus melakukan rekrutmen relawan. Dengan penambahan jaringan relawan, diharapkan dapat memperkecil resiko dan lebih bisa tanggap dini terhadap bencana.

“Agar resiko bencana makin kecil, kami juga memperbanyak relawan dan terus melakukan sosialisasi,” tutupnya. (lk/har)

/