Peringati HANI, BNNK Tuban Ajak Wartawan Lakukan Tes Urine

9
Dokumentasi tes urine yang dilakukan oleh wartawan Tuban

kabartuban.com – Dalam rangka peringati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2022, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban menggelar acara silaturahmi bersama awak media di kantor BNNK yang bertempat di Jl. Ronggolawe, Tuban.

Kepala BNNK Tuban, AKBP I Made Arjana dalam sambutannya mengatakan bahwa peringatan HANI merupakan hari keperihatinan terhadap banyaknya penyalahgunaan narkoba di seluruh dunia, sehingga United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) menetapkan tanggal 26 Juni sebagai Hari Anti Narkotika Nasional (HANI) yang diambil dari adanya momentum perang candu yang terjadi di Tiongkok Cina pada adad ke-18.

“Setiap negara pasti akan memperingati setiap tanggal 26, nah kami di hari anti narkotika ini kemarin kita telah melakukan edukasi bersama mas Bupati untuk menghealing, mengajak, memberi semangat spirit masyarakat bahwasanya narkoba itu musuh kita bersama,” tegas Kepala I Made Arjana.

Dalam mencegah adanya penyalahgunaan obat-obatan terlarang di Kabupaten Tuban, BNNK Tuban juga telah membuat beberapa inovasi salah satunya adalah dengan membangun Desa Berseri di beberapa desa yang ada di Kabupaten Tuban, yaitu Desa Temandang, Desa Bogorejo, dan Desa Sugihwaras.

“Tepat di hari narkotika ini saya mengajak tim wartawan untuk memberi contoh teman-teman bahwasanya penyalahgunaan narkoba salah satu yang dapat kita lakukan dengan tes urine untuk mengetahui atau mendeteksi penyalah gunaan narkoba,” tambahnya.

Fathonatul, salah satu reporter yang menghadiri acara silaturahmi yang diadakan BNNK Tuban mengaku bangga atas upaya yang telah dilakukan BNKK Tuban, salah satunya dengan adanya tes urine yang dilakukan dalam memperingati HANI di kantor BNNK Tuban.

“Saya sangat mengapresiasi upaya BNNK Tuban dalam mencegah adanya penyalahgunaan obat-obatan terlarang, seperti saat ini, semua tamu udangan yang hadir diwajibkan untuk melakukan tes urine,” ucapnya.
Ditemui di tempat yang sama, Ketua PWI Tuban, Suwandi juga menyampaikan ucapan selamat dan rasa terima kasihnya atas undangan yang telah diberikan kepada awak media. Dalam kesempatan tersebut, Suwandi juga berpesan kepada BNNK Tuban untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik.

“Saya ucapkan selamat memperingati HANI dan terima kasih telah mengundang kami. Semoga silaturahmi ini terus berlanjut, dan semoga program-program yang dijalankan saat ini berhasil dan sukses terus,” tutupnya. (nat/dil)