Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Tuban Ditargetkan Meningkat Enam Persen

1109
Ilustrasi frontroll.com

kabartuban.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Kabupaten Tuban menargetkan laju perekonomian Tuban tahun 2016-2021 dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Dearah (RPJMD) minimal bisa mencapai peningkatan 6 persen.

“Target yang pasti dalam RPJMD kita di tahun 2016 minimal pertumbuhan kita kedepan mencapai 6 persen,” terang Mustarikah kepada kabartuban.com, saat ditemui diruangannya, Selasa (9/8/2016).

Rika melanjutkan, dalam rangka meningkatkan perekonomian Kabupaten Tuban, saat ini yang menjadi fokus ke depan adalah sektor pariwisata dan pertanian, yang mana ketika kedua sektor itu bisa bersinergi akan banyak mengundang para pengunjung datang ke Tuban.

“Sesuai dengan program pak Bupati, paling tidak di setiap kecamatan harus punya produk unggulan, bisa pertanian, bisa produk yang lain, sehingga pertanian bisa meningkat,” pungkasnya.

Dikatakan oleh Rika, secara umum kinerja perekonomian di Kabupaten Tuban berdasarkan indikator makro Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) selama tahun 2014 masih dinilai cukup baik dan prospektif dengan laju pertumbuhan ekonomi yang meningkat cukup signifikan.

“Tahun ini meningkat, banyak faktor yang mempengaruhi, terutama investasi yang masuk di Tuban, dan yang pasti dampak secara ekonomi meningkat,” terangnya.

Menurutnya, Tuban merupakan pusat pengembangan industri Jawa Timur, dengan begitu harus menyambut kebijakan provinsi dengan menyiapkan daerah terutama kaitannya dengan tenaga kerja.

“Kalau investasi masuk, tentunya tenaga kerja juga mampu berperan aktif sehingga perekonomian masyarakat juga bisa ikut meningkat,” tutup Rika. (har)

/