Pesbuk Gramedia Sepi Pengunjung

877

gramediakabartuban.com – Penguasa bisnis buku di Indonesia, Gramedia mencoba peruntungan di Bumi Ronggolawe. Melalui event Pesta Buku (Pesbuk), Gramedia menjajal pasar buku di Tuban, Minggu (9/3/2014).

Bazar buku yang diadakan oleh Gramedia group beserta sejumlah penerbit Indonesia ini dibuka sejak 1 Maret 2014 yang lalu dan akan berakhir malam nanti 9 Maret 2014.

Berdasarkan pantauan wartawan media ini, Pesbuk Gramedia ini bisa dikatakan sepi pengunjung. Tidak terlihat geliat besar dari warga Tuban untuk ramai mengunjungi event pertama Gramedia di “Kota Toak” ini. Kendati sejumlah lomba digelar untuk menarik pengunjung, namun hanya terlihat beberapa gelintir orang yang keluar masuk area kegiatan di gedung Budaya Loka.

Kepada wartawan media ini, seorang pengunjung Sahputra mengatakan, “Sebenarnya bagi yang hobi buku, acara ini asyik. Cuma jadi gak asyik lagi kalau ternyata buku yang dipamerkan adalah buku – buku lama,” ujarnya.

Lebih lanjut siswa kelas 3 salah satu Sekolah Kejuruan itu mengatakan, “Dibandingkan dengan pameran buku lain yang pernah saya kunjungi, ini tergolong sepi. Padahal sudah banyak acara pendukungnya, tidak tahu juga kenapa kok sepi begini,” ungkapnya.

Berbeda dengan Sahputra, seorang pengunjung lain, Dwi berpendapat bahwa sepinya pengunjung juga disebabkan promo dan publikasi event yang kurang maksimal di Tuban. Dwi juga menambahkan, “Selain promo dan publikasi, display nya juga kurang menarik. Saat kita masuk ke ruang pameran ini, kesannya biasa saja. Tidak ada alasan yang kuat untuk kita bisa betah berlama – lama di sini,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu petugas pameran mengatakan, “Malam ini yang terakhir. Banyak lomba – lomba yang kita gelar. Soal pengunjung, ya beginilah mas, biasa aja, namanya juga pameran,” ungkap gadis cantik yang selalu menyapa pengunjung dengan ramah itu.

Di sisi lain, informasi yang dihimpun kabartuban.com menyebutkan bahwa di Kota Tuban memang tidak ada toko buku sekelas Gramedia atau Book Store nasional. Pernah ada satu Toko Buku Nasional yang berdiri di Tuban, namun tidak lama menghentikan bisnisnya di kota ini. Kedatangan Gramedia dalam bentuk event Pesbuk di Tuban, ditengarai sejumlah kalangan sebagai salah bagian survei pasar. (im)