Pesisir Kota Menjadi Ajang Pertarungan Politik

486

pesisirkabartuban.com – Pertarungan antar caleg di Tuban terus bergulir tenang dan memanas. Beberapa titik basis suara politik menjadi incaran sejumlah caleg. Salah satunya adalah di daerah pesisir kota Tuban. Masyarakat di sepanjang pesisir pantai kota Tuban tak pernah lepas dari target para politisi untuk mendulang suara. Kondisi pemukiman yang rapat dengan warga yang padat, menjadi daya tarik tersendiri untuk memanfaatkannya sebagi lumbung suara pemilu 2014.

Berdasarkan pantauan wartawan media ini, wilayah yang dulunya hampir bisa dikatakan sebagai basis hijau, kini sudah terlihat beragam warna. Seorang sumber yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, “Kalau dulu daerah ini menjadi basis seorang caleg partai hijau yang kini menjabat, sekarang masyarakat sudah mulai beragam pilihan. Banyak yang masuk ke sini, seperti Gerindra, PKB, Golkar, PDI – P dan Nasdem. Semuanya berlomba untuk mendapatkan suara masyarakat pesisir.”

Sejumlah informasi yang dihimpun wartawan media ini menyebutkan, hingga saat ini para caleg sudah mulai terus bergerilya. Mulai ke jama’ah ibu – ibu pengajian dengan membagikan jilbab, hingga mendirikan ponten umum untuk warga. Tidak ketinggalan para caleg dan tim suksesnya terus menggulirkan opini ke masyarakat untuk saling berebut simpatik masyarakat.

Salah seorang caleg yang dapat dikonfirmasi wartawan media ini, H. Rasmani mengatakan, “Dulu memang daerah itu mutlak menjadi basis salah satu caleg dari partai hijau yang saat ini juga sedang menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Tuban. Tapi kondisi saat ini sudah berbeda, masyarakat semakin cerdas dalam menentukan pilihan dan tidak bisa dimonopoli oleh satu atau dua peserta pemilu saja,” ungkapnya saat ditemui siang ini di kantornya, Jum’at (7/2/2014).

Politisi Partai Nasdem Tuban tersebut juga mengaku bahwa dirinya optimis dan totalitas dalam pemilu April yang akan datang. “Saya serius dan total dalam pemilu mendatang. Meskipun banyak tantangan dan persaingan cukup ketat, namun keniatan saya sudah utuh. Termasuk di daerah pesisir kota, perebutan suara di sana cukup keras, namun tidak ada alasan untuk pesimis apalagi menyerah,” imbuhnya.

Dari hasil penelusuran kabartuban.com, di wilayah pesisir kota Tuban terdapat banyak sekali dan beragam atribut sejumlah partai. Geliat politik semakin nampak, pertarungan citra dan simpatik antar caleg dan partai tak bisa dihindarkan lagi. (im)

/