Petani Green Belt Berkompetisi Menjadi Yang Terbaik

442
Para petani di wilayah ring 1 PT Semen Gresik saat berkompetisi dalam lomba yang di adakan oleh perusahaan.

kabartuban.com – Untuk menguatkan hubungan perusahaan dengan masyarakat, PT Semen Gresik menggelar lomba untuk petani yang memanfaatkan lahan pasca tambang milik Semen Gresik. Yang mana puncak dari kegiatan tersebut digelar di auditorium Semen Gresik lantai 2 Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Selasa (31/10).

Direktur Utama Semen Gresik, Gatot Kustiadji dalam sambutannya mengungkapkan lomba yang dilakukan ini merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan perusahaan kepada petani Green Belt. Pasalnya, para petani telah berhasil mengelola lahan bekas tambang menjadi lahan pertanian produktif.

“Pada lahan bekas tambang itu ditamani berbagai tanaman seperti pohon mangga, nangka, sukun, dan berbagai tanaman lainnya. Pohon itu bibitnya dari kami, petani yang merawat, dan hasilnya semua untuk petani pengarap,” kata Gatot Kustiadji.

Selain tanaman keras lahan tersebut juga menjadi tempat bercocok tanam para petani seperti tanaman  jagung, kacang tanah, cabai, dan berbagai tanaman sela lainnya.

“Selain ada tanaman keras yang panennya musiman, jagung, kacang tanah, dan cabai juga menjadi tanaman utama petani Green Belt. Dengan begitu Green Belt sebagai lahan hijau juga memberikan manfaat untuk petani,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Murtadji yang turut hadir, mengapresiasi Semen Gresik sebagai perusahaan yang masih peduli dengan petani. Apalagi  Semen Gresik masih  melakukan pembinaan terhadap para petani yang berada disekitar perusahaan.

“Kita juga ada penyuluh pertanian disetiap desa. Ini juga bisa dimanfaatkan untuk mendampingi dan melakukan pembinaan terhadap petani Green Belt,” kata urtadji.

Adapun dalam lomba, ada beberapa katagori, yakni katagori kelompok, katagori inovatif dan kreatif, serta katagori kreasi. Untuk katagori kelopok juara harapah 2 diperoleh kelompok tani Sumber Makmur, harapan 1 kelompok tani Mugi Rahayu. Sedangkan, juara 3 diperoleh kelompok Tani Maju Terus, Juara 2 Kelompok Tani Sumber Urip, dan juara 1 disabet kelompok Tani Barokah.

Untuk katagori petani inovatif dan kreatif, juara 1 diperoleh Arto, juara 2 oleh Rudianto, juara 3 didapat oleh Sarji. Pada jura harapan 1 diperoleh Sarti, dan jura harapan 2 diperoleh Jamial. Sedangkan, untuk lomba kreasi, juara 1 diperoleh Tarji, juara 2 Tarsilan, juara 3 Sholeh, juara harapan 1 diperoleh Suwarno, dan juara harapan 2 diperoleh Rasdi. (Luk)

/