Petani Udang Vanamei Tuban Terancam Kerugian Akibat White Spot

1259

kabartuban.com – Petani Udang Vanamei Tuban terancam kerugian akibat penyakit bintik putih pada udang atau dikenal dengan white spot.

Penyakit White spot yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik hitam pada udang vanamei merupakan penyakit yang hampir tidak bisa ditanggulangi sehingga satu-satunya cara yang bisa dilakukan oleh para petani adalah dengan memanen udan tersebut lebih awal.

“Nyaris tidak dapat ditanggulangi, kalau sudah muncul gejala seperti ini harus segera dipanen, kalau tidak bisa mati semua, hanya hitungan hari,” papar Samsudi, petani udang vanamei di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu Tuban.

Samsudi mengaku, udang miliknya harus dipanen saat masih berumur dua bulan. Pemanenan tersebut menjadi lebih cepat dua bulan dari umur udang yang siap panen yaitu empat bulan. Hal tersebut dilakukan Samsudi untuk menghindari kerugian yang lebih besar lagi.

“Kalau tidak dipanen sekarang bisa mati semua udangnya,  ini untuk meminimalisir kerugian, setidaknya bisa diselamatkan meski tidak bisa balik modal,” tuturnya.

Selain itu, penyakit white spot tersebut kondisi cuaca yang tidak menentu di wilayah Tuban juga menjadi salah satu faktor merosotnya hasil panen udang akhir-akhir ini. Akibatnya banyak petani udang yang merugi.

“Ruginya bisa puluhan hingga ratusan juta, tergantung berapa luasan budidayanya,”  tutupnya.(lk/alf)

/