Pilkada Tuban Kembali Rusuh

570

kabartuban.com – Kerusuhan kembali terjadi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tuban. Kali ini kerusuhan terjadi di salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) Kelurahan Latsari, Kecamatan (kota) Tuban. Sejumlah orang datang ke TPS dan melakukan provokasi kepada warga untuk tidak menggunakan hak pilihnya.

”Ayo semua bubar, tidak usah memilih. Dipimpin siapa saja, kita sama saja tidak ada perubahan. Ayo bubar bubar,” teriak salah satu perusuh tersebut.

Aksi tersebut terjadi dalam simulasi pengamanan Pilkada Tuban 9 Desember 2015 mendatang, yang diselenggarakan oleh Bidang Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpollinmas) Kabupaten Tuban bersama anggota kepolisian di lapangan GOR Rangga Jaya Anoraga, Jumat (27/11/2015).

Dalam simulasi tersebut juga diperagakan, adu pukul antara pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya dengan beberapa orang yang akan berbuat onar yang tidak terhindarkan. Setelah petugas Linmas dan Kepolisian datang ke lokasi, kerusuhan dapat diredam oleh petugas.

Tidak hanya itu, saat pemungutan suara berlangsung, ada sekitar 6 orang membuat kerusuhan di dalam TPS. Bahkan, bilik suara diporak-porandakan. Kotak surat juga berusaha dibawa lari oleh para perusuht. Beruntung dengan adanya kerjasama yang baik antara petugas Linmas dan anggota polisi, kerusuhan tersebut dapat dicegah dan para perusuh langsung diamankan oleh petugas kepolisian.

Baca Juga : Ribuan Anggota Linmas Siap Amankan Pilkada

Diberitakan sebelumnya, anggota Pelindung Masyarakat (Linmas) yang ada di Kabupaten Tuban siap mengamankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tuban 9 Desember 2015 mendatang. Sedangkan, untuk pengamanan Pilkada Tuban nanti Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menyiapkan anggota Limas sebanyak 5.162 orang. (al/I’m)

/