Polisi Lakukan Sterilisasi Gereja, Jelang Natal

323

jelang natal dan tahun baru, polisi gelar Penyisiran Gereja_1 003kabartuban.com – Menjelang perayaan Natal, aparat Kepolisian Resort Tuban, Jawa Timur, kamis siang melakukan sterilisasi terhadap gereja yang ada diwilayah Kabupaten Tuban. Sterilisasi dilakukan dengan melakukan penyisiran  dan juga pemeriksaan menggunakan metal detector ke seluruh sudut ruang gereja. Upaya ini, digelar sebagai langkah antisipasi atas hal – hal yang tak diinginkan, sehingga tercipta suasana aman dan kondusif selama perayaan natal berlangsung.

Sterilisasi salah satunya berlangsung di Gereja Santo Petrus di jalan Panglima Sudirman Tuban. Sejumlah petugas melakukan penyisiran dan pemeriksaan secara teliti ke dalam ruangan dan halaman gereja. Petugas juga melakukan pemeriksaan terhadap berbagai benda dan peralatan ibadah seperti  meja kursi dan altar, serta berbagai aksesoris natal lainnya dengan menggunakan metal detektor atau alat pendeteksi bahan peledak berbahaya.

Kasat Sabhara Polres Tuban, AKP Yani Susilo menyatakan upaya ini merupakan bentuk antisipasi dan jaminan keamanan serta kenyamanan bagi umat nasrani memperingati perayaan Natal. Selain sterilisasi, tiap gereja juga akan disiagakan sejumlah personil kepolisian selama dua puluh empat jam. Pengamanan gereja ini akan terus dilakukan hingga puncak peringatan natal mendatang.

Total terdapat 27 gereja yang akan menjadi target penagamanan di seluruh Tuban. Pengamanan tak hanya melibatkan petugas kepolisian, namun juga dibantu sejumlah satgas keamanan organisasi kemasyarakatan yang bersiaga penuh selama perayaan natal berlangsung.

Selain sterilisasi gereja. Guna menciptakan suasana kondusif. Petuga juga menghimbau warga masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi berbagai macam isu yang dapat menimbulkan kekacauan. Tambah AKP Yani Susilo, Kasat Sabhara Polres Tuban. (s-one)