Polres Tuban Siagakan 760 Personil Amankan Pilkada

270

kabartuban.com – Menjelang Pemilihan KEpala Daerah (Pilkada) Tuban besok, aparat kepolisian telah melakukan kesiapan untuk pengamanan dalam pelaksanaan pesta demokrasi serentak tersebut. Sebanyak 760 personil kepolisian telah disiagakan, dan hari ini, Selasa (08/12/2015), melakukan apel bersama persiapan pengaman Pilkada Tuban di Alun-alun Tuban.

”Pada H-1 pelaksanaan Pilkada Tuban ini kita melakukan apel untuk mengetahui kesiapan personil, peralatan, dan perlengkapan sebelum personil terjun kelapangan,” terang Kapolres Tuban AKBP Guruh Arif Darmawan kepada sejumlah wartawan seusai pelaksanaan apel di Alun-alun Tuban.

Lebih lanjut Kapolres Tuban mengatakan, ”Hari ini personil langsung kita geser ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk melakukan pengawalan pendistribusian surat suara dari PPK ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang ada di tingkat desa, dan selanjutnya melakukan pengamanan sampai hari H surat suara sampai di TPS,” ungkapnya.

Informasi yang diperoleh kabartuban.com, sebanyak 760 personil tersebut dari Polres Tuban 600 personil, 100 personil dari Brimob, dan 60 personil dari Polres Bojonegoro. Nantinya, personil-personil tersebut akan melakuan pengamanan di kecamatan dan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Masih menurut Kapolres Tuban, pada pengamanan TPS satu personil polisi mengamankan satu sampai tiga TPS tegantung dari tingkat kerawanan TPS tersebut. Selain petugas kepolisian pengamanan TPS juga dilakukan oleh TNI dan Linmas.

Diketahui Pilkada Tuban 2015 diikuti oleh dua Pasangan calon (Paslon). Yakni Paslon dari incumbent Fathul Huda – Noor Nahar Hussein (Hudanoor) dan paslon indepenent Zakky Mahbub – Dwi Susiatin Budiarti (Zadit). Sedangkan, DPT Pilkada Tuban tahun 2015 ini sebanyak, 937.041 pemilih. Dan dari 328 jumlah desa se Kabupaten Tuban ada 1.863 Tempat Pemungutan Suara (TPS). (al/im)

/